Live Stream Bandung 132 TV


Cuaca Ekstrem, Warga KBB Diminta Sigap Saat Hujan dengan Durasi Lama

Potensi bencana itu seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, hingga banjir bandang.

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengumumkan status siaga darurat bencana, mengantisipasi prediksi dari BMKG yang meyebutkan pekan ini cuaca ekstrem masih akan terjadi.

"Status siaga darurat bencana ini ditetapkan agar semua pihak waspada, karena wilayah KBB rawan terjadi bencana," kata Kepala Pelakaana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, dilansir dari okezone, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga:

Tim SAR Tinjau Sungai Cipager, Masyarakat Diminta Waspada

Soal Larangan Mudik, Pemkot Bandung Segera Bahas Titik Penyekatan



Duddy mengatakan, potensi bencana itu seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, hingga banjir bandang. Namun bencana alam yang paling dominan adalah longsor akibat kontur tanah yang labil dan turunnya hujan dengan intensitas tinggi.

Kawasan pegunungan dan perbukitan di wilayah utara dan selatan KBB yang paling banyak terjadi kejadian longsor. Sementara di kawasan perkotaan biasanya longsor akibat struktur bangunan atau tembok yang tidak kokoh. Seperti kejadian yang terjadi kompleks Taman Bunga Cilame, Senin (8/2/2021).

"Cuaca ekstrem berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi. Warga harus tetap waspada dan sigap ketika terjadi hujan deras dengan durasi yang lama," terangnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BPBD Kabupaten Bandung Barat Cuaca Ekstrem Hidrometeorologi Jabarnews Berita Jawa Baat Berita Terkini

berita terkait

Minum Tuak di Pinggir Jalan, 12 ABG Diamankan Polisi

Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 2000 Meter

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi