Ini Cara Pangdam III Siliwangi Hidupkan Ekosistem Sungai Citarum

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto bersama jajaran dan pihak terkait menebar puluhan ribu benih ikan di Daerah Aliran Sungai Citarum, Kamis (11/2/2021).

Penyebaran ikan dilakukan di Kampung Sapan, Desa Bojongemas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Penyebaran ikan itu ditujukan untuk memunculkan potensi sumber kehidupan di Sungai Citarum.

“Penyebaran benih ikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga memperkuat ketahanan pangan khususnya ketersediaan ikan, di sepanjang Daerah Aliran Sungai Citarum,” kata Pangdam III Siliwangi.

Baca Juga:  Hati-hati! Ini Yang Akan Terjadi Jika Rebahan Setelah Makan

Nugroho menyampaikan ajakan kepada masyarakat di sekitar tepi aliran Sungai Citarum agar dapat menjaga kelestarian sungai. Dengan demikian, benih ikan yang disebar pun dapat tumbuh dan berkembang biak serta menjadi bahan pangan. 

Kepada masyarakat dan seluruh warga Jawa Barat, kata dia, jangan lagi buang sampah pada aliran Sungai Citarum. Apalagi, di sungai ada ikan yang ikut menjaga ekosistem, sehingga sungai tetap lestari.

Pangdam juga mengingatkan bukan hanya bagi warga sekitar aliran sungai, tetapi juga masyarakat lain pada umumnya. Demikian pula kepada para pengusaha yang memiliki dan mengais penghasilannya sepanjang aliran Sungai Citarum.

Baca Juga:  Ragam Jenis Buah Yang Memiliki Kandungan Gula Tinggi

“Mudah-mudahan dengan adanya seperti ini, semuanya tidak lagi membuang sampah dan limbah di aliran sungai. Karena kita tahu membuang sampah atau limbah ke aliran sungai adalah sangat fatal akibatnya,” kata Pangdam III Siliwangi. 

Selain menyebar ikan, Nugroho Budi Wiryanto beserta Pejabat Utama Kodam III Siliwangi yang turut hadir mendampingi Muspika Kabupaten Bandung, melaksanakan penanaman pohon.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Posyandu Punya Peran Penting Wujudkan Indonesia Emas 2045

Penanaman pohon dilakukan di sepanjang aliran sungai di Sektor 5 dan Sektor 4 Citarum Harum. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan menyisir aliran sungai dengan menggunakan kendaraan roda dua. 

Selanjutnya, rombongan melakukan penanaman pohon kembali di Sektor 5 dan Sektor 4 Citarum Harum. Pada kesempatan tersebut, Pangdam Siliwangi menyampaikan harapannya terhadap program Citarum Harum.

Nugroho berharap, semua pihak bersama-sama ikuti aturan dan program Citarum Harum agar Sungai Citarum dapat dinyatakan tidak tercemar lagi. Saat ini Sungai Citarum sudah di tingkat tercemar ringan. (Yoy)