Awal Mulai Running Man, Hingga Acara Favorit Penggemar Artis Korea

JABARNEWS | BANDUNG – Running Man adalah sebuah acara varietas dari Korea Selatan. Pertama kali ditayangkan tanggal 11 Juli 2010 di SBS. Pembawa acara sekaligus pemainnya adalah Yoo Jae-suk. Acara ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan pertim, dapat 2 tim, 3 tim maupun 4 tim.

Kadang seseorang berbuat curang untuk dapat memenangkan permainan, namun Production Team (PD) sering menyatakan bahwa pelanggaran itu tidak sah. Di antara pemain ini, terdapat juga VJ, yang selalu mendamping pemain dalam jalannya permainan.

Acara ini menjadi populer di sejumlah negara Asia lain di luar Korea, dan telah mendapatkan popularitas secara daring di kalangan penggemar Hallyu, yang telah dialih bahasakan ke dalam beberapa bahasa oleh pemirsa internasional, seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, Italia, Thailand, Vietnam, Mandarin, Malaysia, Indonesia, Burma, Arab, Rusia dan Turki.Acara ini berhasil masuk dalam daftar 20 Acara TV Terpopuler pada tahun 2016 versi Business Insider.

Baca Juga:  Blusukan Jokowi ke Bogor Tak Temukan Obat Covid-19, Bima Arya: Distributor Kosong

Sejak April 2017, Running Man ditayangkan sebagai bagian pertama Good Sunday pada pukul 4:50 sore KST dan berkompetisi dengan program The Return of Superman dari KBS2 dan King of Mask Singer dari MBC.

Running Man sebelumnya tayang pada pukul 6:25 malam KST pada hari Minggu, sebagai bagian kedua Good Sunday, yang ditayangkan setelah Flower Crew, berkompetisi dengan 1 Night 2 Days dari KBS2 dan Secretly Greatly dari MBC.

Baca Juga:  Soal Aliran Sesat di Kota Bandung, Kemenag Minta Masyarakat Tetap Tenang

Saat ini Sejak episode 48, anggota dan bintang tamu mengambil bagian dalam serangkaian misi untuk menjadi pemenang di akhir lomba. Format acara tersebut bergerak menjauh dari format misi perlombaan tambah misi lain ke satu pertandingan panjang yang ketat dengan misi saat balapan.

Di bulan November 2011 lalu , hak siar acara Running Man dijual kepada sembilan negara di Asia, diantaranya Taiwan, Thailand, Tiongkok, Malaysia, Hongkong, Jepang, Singapura, Kamboja, dan Indonesia membuktikan Running Man sebagai sebuah program Hallyu terkenal di Asia.

Baca Juga:  Lima Destinasi Wisata Cianjur Yang Bisa Kalian Kunjungi Di Akhir Pekan

Januari 2013 lalu, SBS mengumumkan Running Man in Asia sebagai salah satu proyek besar pada tahun 2013. Produser Jo Hyo-jin, menyatakan bahwa program tersebut akan tur dua negara di Asia pada paruh pertama tahun 2013. Program ini sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Thailand, China, dan Hong Kong untuk syuting. Jo Hyo-jin juga menyebutkan minat yang diajukan oleh stasiun televisi Singapura dalam pembelian format Running Man, yang menegaskan kepopuleran Running Man di Asia.

Penulis: Muhammad Amaludin