Di Masa Pandemi, Ini Kabar Baik bagi Pelaku Seni di Pangandaran

JABARNEWS | PANGANDARAN – Para pelaku seni atau seniman di Kabupaten Pangandaran akhirnya bisa kembali tampil di masa pandemi Covid-19 ini. Tentu, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pemkab Pangandaran telah merestui para seniman untuk kembali manggung. Hal itu diputuskan melalui SK Bupati Pangandaran Nomor 4 Tahun 2021 tertanggal 10 Februari 2021, yang ditandatangani Jeje Wiradinata.

SK Bupati Pangandaran itu keluar setelah Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) menerima aspirasi dari para pelaku seni, yang kesulitan tampil di masa pandemi. Hasilnya, Bupati Pangandaran mengijinkan kembali hiburan di masyarakat.

Baca Juga:  Praktik Penjualan Kosmetik Tanpa Izin di Karawang Dibongkar Polda Jabar

“Kini para pelaku seni sudah bisa kembali manggung di tempat terbuka, termasuk di acara hajatan warga,” kata Kabid Budaya Disparbud Pangandaran Aceng Hasim, Kamis (11/2/2021).

Meski begitu, para pelaku seni harus menerapkan protokol kesehatan 5M. Memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir maupun dengan hand sanitizer, serta membatasi mobilitas.

Baca Juga:  Bersikukuh Gunakan PTIK, Panpel Persija Cek Stadion

“Selain itu, waktunya juga dibatas, mulai pukul 9.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB saja. Sementara kalau untuk malam hari, itu tidak diperbolehkan,” jelasnya.

Syarat lainnya, lanjut Aceng, panggung hiburan di acara-acara hajatan warga pun hanya boleh digelar di daerah yang masuk kategori zona hijau. Daerah yang masuk zona merah tidak diizinkan untuk menggelar acara hiburan.

“Untuk hiburan seni, boleh manggung hanya di daerah yang masuk kategori zona hijau. Untuk di zona merah, hiburan tidak diperbolehkan,” katanya.

Baca Juga:  Ayahnya Meninggal, Di Penjara Zumi Zola Sangat Terpukul

Salah seorang pelaku seni, Dian MP menyambut baik keputusan tersebut. Menurut dia, kebijakan tersebut telah membuka ruang para pelaku seni di Pangandaran untuk mencari nafkah.

“Meskipun waktunya dibatasi karena Covid-19, tapi ini sudah luar biasa,” kata Dian yang biasa menjadi pedangdut di acara hajatan. (Red)