Inilah Lima Tradisi Unik Saat Tahun Baru China

JABARNEWS |  BANDUNG – Tahun baru China atau imlek merupakan salah satu tradisi atau budaya yang biasa dilakukan oleh orang tiongkok di seluruh dunia.

Hal tersebut yang membuat perayaan Imlek di berbagai negara memiliki beragam keunikan tradisi. Meskipun banyak tradisinya tetapi tetap pada umumnya Imlek dirayakan dengan pertunjukan barongsai, kembang api, atau lampion.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tradisi unik yang dilakukan saat tahun baru china tiba. Diantaranya:

Baca Juga:  Dua Polisi Jadi Korban Pemukulan Usai Amankan Demo di Depan Istana

Pertama. Menulis harapan dan digantung di pohon – selama Tahun Baru China dan festival lainnya, banyak warga Hong Kong akan berkunjung ke Lam Tsuen Wishing Trees. Pohon ini berada di Kuil Tin Hau di Desa Fong Ma Po, Lam Tsuen.

Kedua. Makan teripang – Bagi keluarga Tionghoa di Kanada, menyantap hidangan dengan menu ikan, udang dan teripang dianggap wajib dilakukan setiap Tahun Baru China atau Imlek.

Baca Juga:  Berkunjung Ke Cirebon, Sandiaga Uno Dengar Keluhan Ini dari Pelaku UMKM

Ketiga. Main mahjong di Vietnam – bermain Mahjong menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa ditinggalkan saat perayaan Imlek di Vietnam. Permainan satu ini memang sangat populer di Taiwan dan jadi lebih terkenal dan semakin populer saat Tahun Baru China.

Keempat. Melepaskan burung – Terletak di Vihara Dharma Bhakti Jakarta, Kegiatan ini dilakukan setelah mereka memuja para dewa di depan altar saat Imlek. Burung yang merupakan hewan terbang tetapi dikurung ini dilepaskan karena dianggap mewakili simbol kebebasan.

Baca Juga:  Berteduh Saat Hujan, 12 Petani dan Seorang Anak di Batubara Tersambar Petir

Kelima. Sewa pacar – Untuk menghindari orang tua yang mengomel, anak muda di China menyewa pacar atau pasangan untuk menghadiri acara keluarga ketika Tahun Baru Imlek.

Penulis: Muhammad Amaludin