Hanya Memimpin Belasan Menit, Ini Nama Bupati Cirebon Dengan Jabatan Tersingkat

JABARNEWS | BANDUNG – Biasanya jabatan Bupati atau Walikota di Indonesia berkisar 5 tahun. Namun, berbeda halnya dengan Sunjaya Purwadisastra seorang Bupati Cirebon yang hanya menjabat selama 15 menit setelah dilantik.

Bupati Cirebon periode 2019-2024 ini sebelumnya dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada 2019 lalu. Sesaat setelah Ridwan Kamil membacakan berita acara pelantikan, Sunjaya langsung diberhentikan sementara.

Pasalnya, Bupati dua periode itu terjerat kasus dugaan suap jual beli jabatan di Cirebon. Selain karena pertimbangan kasus hukum tersebut, Mendagri melalui suratnya, juga meminta kepada Ridwan Kamil mempertimbangkan pelantikan Sunjaya bersama wakilnya.

Baca Juga:  Ada Tujuh Hiburan Dibubarkan Saat PPKM di Sumedang, Petugas Terapkan Denda

Dalam suratnya Mendagri menyebut pelantikan kepala daerah terpilih dilaksanakan pasca pemilu 2019 lalu. Demi menjaga kondusifitas menjelang Pemilu.

“Penting saya sampaikan bahwa pelantikan ini harus dilaksanakan sesuai amanat Undang-undang 10 tahun 2016 pasal 164 ayat (7) yaitu dalam hal calon bupati dan/atau calon wakil bupati terpilih ditetapkan menjadi terdakwa pada saat pelantikan,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya dilansir dari laman Metroonlinentt.com, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga:  Satpol PP Cikancung Amankan Puluhan Botol Miras

“Yang bersangkutan tetap dilantik menjadi bupati dan/atau wakil bupati, kemudian saat itu juga diberhentikan sementara sebagai bupati dan/atau wakil bupati,” tambahnya.

Setelah Sunjaya dinyatakan bersalah dan divonis lima tahun penjara oleh pengadilan, maka posisi bupati itu diduduki pasangannya di Pilkada 2018, Imron Rosyadi selaku pelaksana tugas. Partai pengusung pun mengusulkan untuk segera melakukan pengisian bupati definitif.

Akhirnya, Imron Rosyadi resmi menjabat bupati definitif. PDIP selaku partai pengusung lalu mengusul nama istri Sunjaya, Wahyu Tjiptaningsih dan Cunadi sebagai pengganti Imron di posisi Wakil Bupati.

Baca Juga:  Laporan SPT Perorangan Berakhir 31 Maret 2023, Yana Mulyana Imbau ASN Pemkot Bandung Segera Lapor

Akhirnya digelar pemilihan wakil bupati di DPRD Cirebon, Ayu sapaan Wahyu terpilih secara resmi, pada Desember 2020 lalu. Dengan memperoleh 36 suara, Ayu kemudian ditetapkan sebagai Wakil Bupati Cirebon.

“Dengan ini menetapkan Wakil Bupati Cirebon terpilih adalah Wahyu Tjiptaningsih,” ucap Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati Cirebon, Mustafa. (Red)