Kontrak Terkendala WFH, Situs-Situs Ini Sediakan Layanan Tanda Tangan Digital

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi Covid-19 membuat setiap orang harus menjaga jarak bahkan menghindari pertemuan untuk mencegah potensi penularan virus corona. 

Kerja dari rumah (work from home/WFH) pun menjadi budaya baru dalam dunia kerja. Baik itu di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan swasta, kebijakan WFH banyak diterapkan.

Meski begitu, seringkali ada kendala yang menyulitkan bagi seseorang untuk melakukan WFH. Di antaranya ialah ketika ada dokumen yang harus ditandatangani.

Untuk mengatasinya, sejumlah situs yang menyediakan layanan tanda tangan digital atau tanda tangan elektronik bisa menjadi solusi. 

Baca Juga:  Polisi Tangkap Dua Tersangka Peredaran Uang Palsu di Cileungsi Bogor

Biasanya tanda tangan digital diperlukan untuk mengesahkan sebuah surat atau kontrak, tapi yang bersangkutan tak bisa bertatap muka secara langsung. 

Lalu apakah dokumen yang sudah diberi tanda tangan digital sah atau tidak? Hal itu bergantung pada aturan dan kebijakan yang berlaku.

Yang jelas, di masa pandemi seperti sekarang ini tanda tangan digital bermanfaat untuk menghindari pertemuan langsung atau mengatasi kebijakan WFH.

Nah, bagi yang memerlukan layanan pembuatan tanda tangan digital, caranya cukup mudah dan sangat gampang. Apalagi, tanda tangan digital bisa dibuat secara online melalui beberapa situs berikut ini.

Baca Juga:  Covid-19 Melonjak, IDI Jabar: Baiknya Diberikan 'Booster' Vaksin untuk Nakes

Situs web pertama yang bisa membuat tanda tangan digital secara online adalah smallpdf.com. Website ini cukup terkenal untuk memodifikasi PDF, tapi bisa juga untuk membubuhkan tanda tangan digital.

Ilovepdf.com juga hadir sebagai situs web yang berguna untuk memodifikasi file PDF. Sama seperti smallpdf.com, di website ini pun dokumen yang akan ditandatangani harus diunggah terlebih dahulu.

Bagi yang ingin simpel dalam membuat tanda tangan digital online, mungkin onlinesignature.com bisa jadi salah satu pilihan. Website ini hadir dengan tampilan sederhana yang memang ditujukan untuk tanda tangan online.

Baca Juga:  Pembebasan Lahan Tol Cigatas Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Website berikutnya untuk membuat tanda tangan digital secara online adalah docsketch.com. Situs web ini kurang lebih sama fungsinya dengan onlinsignature.com, tapi punya tampilan yang agak berbeda.

Digisigner.com merupakan pilihan situs lain yang bisa untuk membuat tanda tangan digital secara online. Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan smallpdf.com dan ilovepdf.com, serta memiliki layanan berbayar dan gratisan. (Red)