Tol Cipali Km 122 Ambles, FT UI Ungkap Sebabnya Karena Ini

JABARNEWS | SUBANG-Sementara Kepala Laboratorium Struktural dan Material Fakultas Tehnik UI, Josia Irwan Rastandi berpendapat, amblesnya jalan Jalan Tol Cipali di Kilometer 122 arah Jakarta karena adanya sliding atai longsoran pada lereng tersebut.

“Kalau saya lihat dari foto-foto dan video yang beredar, keretakan disertai dengan turunnya area tersebut disebabkan karena adanya sliding / longsoran pada lereng,” katanya.

Untuk mengetahui penyebab terjadinya longsor, kata Josia maka perlu dilakukan penelitian dulu. Namun dia menuturkan, jalan itu sudah beberapa tahun beroperasi. Dia pun menuturkan harus dilihat riwayat jalan tersebut apakah selama ini sudah ada tanda-tanda kelongsoran atau tidak.

Baca Juga:  Personil Kodim 0204 DS Jalani Vaksinasi Covid-19, Kuota Untuk 100 Orang

“Antara lain misalnya adanya retak-retak pada area tersebut atau mungkin pada area tersebut memang selalu turun sehingga berkali-kali harus ditambah aspalnya,” ucapnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Mungkin Pengeluaranmu Hari Ini Sedang Banyak

Jika ditemukan adanya tanda-tanda tersebut maka memang dari sejak awal kestabilan lerengnya sudah bermasalah dan perlu penanganan. Kemudian masalah manajemen air juga perlu ditangani dengan baik pada area lereng.

“Musuh utama area lereng adalah jika air tidak ditangani dengan baik. Jika memang dari awal sdh ada retakan-retakan kemudian retakan ini tidak ditangani,” tambahnya.

Baca Juga:  Jokowi: Pemindahan Ibukota Demi Pemerataan Keadilan Ekonomi

Mengenai dugaan kekurangnya pemadatan, dirinya belum bisa menyimpulkan, kata dia, tidak bisa dipastikan, harus dilihat data-datanya, secara faktual sudah bertahan beberapa tahun.

“Nah, tanda-tanda seperti yang saya sebutkan tadi ada tidak. Walaupun pemadatan sudah bagus, bisa saja longsoran itu terjadi jika manajemen airnya tidak baik. Jadi banyak hal yang mempengaruhi,” pungkasnya. (Red)