Lima Cara Alami Basmi Hama wereng Pada Padi

JABARNEWS | BANDUNG – Hama wereng adalah hama yang paling sering menyerang tanaman padi. Hama tersebut biasanya akan hinggap di batang tanaman padi dan mulai menghisap cairan yang ada di dalamnya. Selain itu, hama wereng juga kerap menyebar virus-virus yang tentu sangat merugikan para petani karena dapat merusak hasil panen padi.

Virus yang disebarkan yaitu virus kerdil yang mengakibatkan daun menjadi bengkok dan membuat tanaman tumbuh tidak normal. Untuk mencegah serangan hama ini, kalian dapat mengurangi hal-hal yang memicu timbulnya hama wereng seperti penggunaan pupuk N yang terlalu banyak, terdapat genangan air di sekitar lahan, atau kondisi lahan yang lembab.

Baca Juga:  Ini 5 Model Jilbab Segi Empat Terbaru dan Kekinian, Cocok untuk Sehari-hari

Hama wereng sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada hama wereng coklat, hama wereng putih dan lain sebagainya. Kemunculan hama wereng ini yang akan menyebabkan kerusakan bahkan kematian pada tanaman padi. Namun, jika hama wereng sudah terlanjur menyerang, maka pastikan kalian segera membasminya dengan cara-cara efektif berikut ini:

Pertama. Menggunakan Jamur Anti Wereng – Untuk membasmi hama wereng secara efektif dan aman, kalian bisa mencoba menggunakan jamur sebagai agen hayati yang dapat menginfeksi hama padi tersebut. Jamur yang dapat kalian bisa gunakan seperti jamur Beauveria bassiana yang bahkan dapat menyebabkan kematian terhadap hama wereng.

Baca Juga:  PSI Mulai Ditinggalkan, Pengurus hingga Kadernya Kompak Mundur

Kedua. Menggunakan Bawang Putih – Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan dan juga memiliki banyak khasiat, salah satunya yakni untuk membasmi hama wereng. Bau bawang putih yang menyengat tidak disukai oleh hama wereng sehingga dapat dijadikan pestisida alami pembasmi hama wereng yang cukup efektif.

Ketiga. Menggunakan Musuh Alami Wereng – Musuh alami wereng merupakan salah satu cara efektif membasmi wereng. Kalian bisa melepaskan musuh-musuh hama tersebut ke lahan tanaman padi Anda, seperti laba-laba, belalang, kumbang, kepik, capung dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Dirjen PPMD Motivasi Warga Papua Barat untuk Majukan Kampung

Keempat. Ekstrak Daun Sirsak – Daun sirsak juga mengandung banyak manfaat bahkan salah satunya juga bisa digunakan untuk membasmi hama merugikan seperti hama wereng.

Kelima. Memberikan Jarak Tanam – Ketika para petani sudah mulai menanam tanaman padi, maka pemberian jarak antara masing-masing tanaman merupakan salah satu langkah awal pencegahan hama wereng karena dengan begitu hama wereng tidak akan mudah menyebar ke tanaman lainnya.

Penulis: Muhammad Amaludin