Akibat Terendam Banjir, Petani Ikan dan Padi Asal Subang Gagal Panen

JABARNEWS | SUBANG – Pasca banjir yang merendam 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Subang Jawa Barat sangat berpengaruh kepada sektor ekonomi.

Pasalnya ada ratusan hektar empang dan sawah milik peternak ikan dan petani terendam banjir.

Akibat banjir tersebut dapat dipastikan ratusan petani ikan dan petani padi akan gagal panen, sehingga mengakibatkan mendapat kerugian miliaran rupiah.

Baca Juga:  UAS Dideportasi Singapura, Begini Penjelasan Dubes Indonesia

Hal itu disampaikan Ketua BPD Desa Salamjaya, Catam Kinang yang membuka usahanya sebagai peternak ikan mas di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang.

“Hasil pendataan sementara ada sekitar 210 ha empang milik peternak ikan yang empangnya kebanjiran tersebar di empat desa di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang, kerugian ditaksir sekitar Rp 5,5 miliar,” keluh Catam dilansir dari Mediajabar.com, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga:  Lima Wisata Alam Subang Yang Wajib Kalian Kunjungi

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Pabuaran Ubi Kartubi. Menurutnya ada empat desa di wilayahnya yang empang milik petani ikan terendam banjir.

“Yaitu Desa Pabuaran, Desa Salam Jaya, Desa Pringkasap dan Desa Karang Hegar,” tuturnya

Baca Juga:  466 Guru Non PNS Dapat SK, Ridwan Kamil: Ini Syarat Tambahan Tunjangan

Kades Salam Jaya, Ujang Sucipto berharap masyarakat bisa bersabar, dalam menghadapi musibah banjir ini.

“Dan semoga kita dapat mengambil hikmahnya, selain itu pemdes akan berusaha komunikasi pihak terkait seperti dinas pertanian dan Dinas PUPR,” katanya. (Red)