Agustus 2021, 170 Desa Di Purwakarta Bakal Gelar Pilkades, DPMD: Sudah Sosialisasikan Perbupnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada tanggal 25 Agustus 2021 mendatang sebanyak 170 desa di Kabupaten Purwakarta akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Pencoblosan Pilkades serentak akan digelar pada tanggal 25 Agustus secara bersamaan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan regulasi pelaksanaan Pilkades serentak diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 79 tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pelaku Pengrusakan Pos Lantas

“Kita sudah ke kecamatan-kecamatan dalam rangka sosialisasi awal perbup tentang pilkades,” kata Jaya, Sabtu (13/2/2021).

Setelah melakukan sosialisasi Perbup Pilkades tahapan pelaksaan Pilkades sudah dimulai. Pasalnya tahapan Pilkades serentak dimulai pada tanggal 26 Februari 2021.

Setelahnya, DPMD Kabupaten Purwakarta juga akan menggelar bimbingan teknis untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Setelah itu, jika sudah dimulai tahapan, kita akan melakukan bintek untuk PPS dan KPPS,” timpalnya.

Baca Juga:  Tak Datang Saat Pemeriksaan, Sunan Kalijaga Sebut Ayu Aulia Masuk IGD

Berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri, disarankan Pilkades serantak di Purwakarta digelar tahun 2021.

Ada 170 desa yang akan ikut pilkades, dengan asumsi 83 desa yang habis masa jabatan pada 2019 ditambah dengan 87 desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini.

Pihaknya memastikan mengikuti anjuran dari Kemendagri perihal gelaran Pilkades berdasarkan UU Nomor 06 Tahun 2014 tentang desa dengan mempertimbangkan hal-hal yang diatur dalam Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014.

Baca Juga:  Bertemu Vietnam, Shin Tae Yong Siapkan Prank-Prank Baru

“Secara teknis, dinas juga telah melakukan persiapan untuk segala sesuatunya berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak pada agustus mendatang. Baik dari sisi mekanisme maupun anggaran,” pungkas Jaya Pranolo. (Red)