Beberapa Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapatkan Uang dari Facebook

JABARNEWS | BANDUNG – Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, total ada 43,06 juta orang yang menggunakan Facebook. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia tercatat sebagai yang tertinggi ketiga di dunia.

Bisa dikatakan, saat ini hampir setiap orang yang melek teknologi memiliki minimal satu akun Facebook. Dengan junlah pengguna yang banyak, Facebook pun bisa menjadi ladang untuk mencari uang.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan uang dari Facebook. Caranya cukup mudah dan praktis, serta bisa dilakukan oleh siapa pun.

Mengelola akun Facebook perusahaan atau orang lain. Sudah lazim di suatu perusahaan memiliki Social Media Specialist tapi pekerjaan itu membutuhkan keahlian khusus karena ada target yang harus dipenuhi.

Untuk tahap awal, kamu bisa mencoba untuk menjadi admin Facebook untuk online shop berskala kecil. Atau, bisa juga mengelola  akun Facebook milik pribadi seperti pejabat atau orang dengan kesibukan yang tinggi.

Baca Juga:  Komisi II DPR RI Dorong Kota Cirebon Ciptakan Pemilu Berkualitas

Jadi influencer. Saat ini menjadi Influencer adalah impian dari banyak kalangan milenial dan Generasi Z, dan Facebook bisa jadi salah satu sarana media sosial bagi kamu yang ingin menjadi bintang di internet.

Untuk sukses menjadi influencer, tentu kamu harus lebih kreatif dalam membuat konten yang unik dan original. Kalau sukses membangun reputasi, kamu tinggal pasang tarif atau rate card untuk endorsement.

Buka jastip atau jasa titip. Kalau kamu suka travelling, apalagi pergi ke luar negeri, sekalian saja buka jasa titip atau jastip, karena potensi profit dari jasa ini terbilang lumayan, biasanya 10-15 persen dari harga barang.

Baca Juga:  Catat! Pemkab Purwakarta Berikan Sanksi ASN Merokok Saat Jam Kerja

Namun, kamu juga bisa memasang fee yang lebih tinggi apabila barang tersebut langka atau susah didapatkan. Bahkan, kamu tak butuh modal karena biaa meminta pembayaran di muka.

Buka online shop. Kamu bisa menggunakan akun Facebook pribadi untuk toko online atau online shop, bahkan bisa juga pakai fanpage agar bisa diiklankan melalui Facebook Ads.

Ada dua metode penjualan yang sudah cukup dikenal secara umum, yakni dropship ataupun menjual barang sendiri. Metode dropship ialah menjualkan produk orang lain, tapi menggunakan nama kamu sebagai penjualnya.

Jualan di Facebook group. Kamu hanya perlu bergabung ke dalam Facebook Group yang sesuai dengan target pasar atau domisili kamu. Pastikan juga grup Facebook itu membolehkan anggotanya untuk berjualan.

Live streaming game. Kehadiran Facebook gaming saat ini bisa saja mengalahkan kepopuleran dari Youtube dan platform yang lainnya. Untuk bisa mendapatkan uang saat bermain game dan live streaming, tergantung pada jumlah penonton.

Baca Juga:  Fitur WhatsApp Ini Disebut Cocok untuk Perselingkuhan

Semakin banyak penonton, semakin banyak pula uang yang diterima dari Facebook. Facebook gaming sendiri bisa ditemukan di beranda dan pada sebelah kiri dengan tulisan video gaming.

Monetisasi fanpage Facebook. Monetisasi adalah mengelola akun fanpage agar dapat menghasilkan uang. Mulai saja dari hal yang paling sederhana, seperti mengunggah konten secara berkala atau memanfaatkan fitur Facebook Ads.

Kamu juga perlu mengomersialkan akun Facebook agar dapat menerima uang dari Facebook dengan cara endorsement. Ada banyak contoh akun fanpage yang sukses memonetisasi, seperti fanpage VT (Viral Thread), Happy Cats, dan Dingo Indonesia. (Red)