Ade Yasin: Ada Pendagkalan di Sungai Cikeas, Kami Keruk!

JABARNEWS | BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin menyusuri Sungai Cikeas Cikeas, yang kerap meluap saat hujan hingga merendam kawasan Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Minggu (14/2/2021).

“Jadi ada pendangkalan disini. Akan kami keruk tapi tentu dengan seizin Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) karena ini sebenarnya kewanangan BBWS. Tapi apa yang bisa kami lakukan, dikerjakan hari ini,” kata Ade Yasin.

Baca Juga:  Delapan Pegawai Positif Covid-9, Pendopo Bupati Cirebon Lockdown

Pihaknya, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinah Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membesihkan sampah-sampah yang ada di daerah aliran sungai (DAS).

Luapan Sungai Cikeas ini dianggap menjadi biang keladi banjir di Perumahan Villa Nusa Indah I dan II kala hujan lebat melanda wilayah Bogor. Terlebih, wilayah ini berada di perbatasan antara Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi, sehingga perlu koordinasi antar daerah.

Baca Juga:  Banyak Warga Kecanduan, Ini Efek Samping Penggunaan Obat Tramadol  

“Kami sudah pasang 19 unit pompa banjir untuk menyerap air saat banjir datang. Alhamdulillah, setelah pompa terpasang, air tidak pernah tinggi. Paling hanya setinggi mata kaki dan itu pun cepat surut jadi ada manfaat,” kata Ade.

Kata Ade, Pemkab Bogor pun berencana untuk menambah jumlah pompa banji jika memang diperlukan masyarakat, juga melihat dari hasil mitigas bencana BPBD Kabupaten Bogor.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 8 Juli 2022: Aries, Taurus dan Gemini

“Tapi itu kan hanya sementara. Perlu ada solusi jangka panjang dan permanen. Khususnya dalam membenahi DAS di sini. Karena saya lihat tadi ada beberapa tebingan sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah, jadi ada pendangkalan,” kata Ade. (Red)