Padang Sidempuan Dilanda Gempa 5,1 SR, Tidak Potensi Tsunami

JABARNEWS | PADANG SIDEMPUAN – Terjadi gempa di kabupaten tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Regional 1 Medan mencatat gempa terjadi, Senin (15/2/2021) sekira pukul 11.57 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa memiliki magnitudo 5,1 SR.

Episenter gempa terletak pada koordinat 1.04 LU dan 98.75 BT. Tepatnya di laut pada jarak 68 KM arah Barat Daya, Kabupaten Padang Sidempuan, Sumatera utara pada kedalaman 36 KM.

Baca Juga:  Penerbangan Umroh Bandara Kertajati, Mayoritas Jemaah Berasal Dari Jawa Tengah

Dari data dilansir BMKG tidak disebutkan terjadinya potensi Tsunami disebabkan gempa tersebut. Namun warga diminta waspada dengan terjadinya gempa susulan.

Baca Juga:  Korban Selamat Asal Garut Dalam Peristiwa Penembakan Di Papua Dijemput Besok

Koordinator Manager Pusdalops-PB BPBD Medan, Nurly mengatakan, informasi terjadi gempa melalui BMKG di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tidak berpotensi Tsunami, namun masyarakat diminta waspada terjadi gempa susulan.

“Dari informasi BMKG gempa tidak berpotensi Tsunami, namun diwaspadai gempa susulan,” katanya.

Baca Juga:  Jadi Tersangka Mafia Tanah Kas Desa Senilai Rp56 Miliar, Kades Cikole Lembang Dinonaktifkan

Seorang warga Padang Sidempuan, Reza Pahlevi mengatakan, terkait gempa terjadi di Kabupaten Padang Sidempuan dengan magnitudo 5,1 SR yang disiarkan BMKG tidak dirasakan masyarakat.

“Tidak ada dirasakan masyarakat Padang Sidempuan, namun harus tetap waspada terjadi gempa susulan apabila terjadi,” ungkapnya.

Penulis: Ahmad Putra