Kenali Beberapa Penyakit Berbahaya Lewat Warna Urine, Berikut Penjelasanya

JABARNEWS | BANDUNG – Urine merupakan salah satu cairan yang  dikeluarkan oleh tubuh, hasil dari sisa ekskresi ginjal. Pada umumnya urine memiliki warna kuning yang sering kita jumpai.

Akan tetapi, sebenarnya urine memiliki beberapa warna lainya seperti, orange, merah, Pink, biru dan masih banyak lainnya. Dan ternyata dari warna tersebut memiliki arti yang menceritakan tentang kondisi tubuh kita.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumbe kami berhasil merangkum warna-warna urine serta maknanya. Diantaranya:

Baca Juga:  11-13 April Ada Rekam Massal E-KTP

Pertama. Bening atau Transparan – Warna urine yang transparan memiliki arti baik. Ini artinya tubuh Anda terhidrasi lebih dari cukup.

Kedua. Kuning Tua – Warna ini biasanya menunjukkan kalian sedang baik-baik saja. Tapi, mungkin kalian perlu menambah asupan cairan, karena hal tersebut menandakan bahwa kalian   dalam kondisi diambang batas terhidrasi.

Baca Juga:  Pagar Nusa Jabar: Takwa Dulu, Yang Lain Pasti Ngikutin

Ketiga. Warna urine biru atau hijau – Selain akibat dari pewarna, hal tersebut juga biasanya terjadi akibat infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa yang dapat membuat urine kalian membiru, hijau, atau bahkan ungu dan nila.

Keempat. Warna urine coklat gelap – Dalam kebanyakan kasus, urine yang berwarna coklat tua menunjukkan Anda mengalami dehidrasi. Namun urine coklat juga bisa disebabkan oleh penyakit. Misalnya, kondisi porfiria, suatu kelainan genetik, yang dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia alami dalam aliran darah, dan membuat urin terlihat berkarat atau berwarna coklat.

Baca Juga:  Viral Video Jual Paksa Bendera di Cianjur, Polisi Akhirnya Turun Tangan

Kelima. Urine terlihat keruh – Dalam beberapa kasus, urine keruh adalah tanda dehidrasi. Namun, urine yang keruh juga dapat menjadi penanda penyakit kronis dan gangguan pada ginjal, termasuk infeksi saluran kemih.

Penulis: Muhammad Amaludin