Lama Tak Diperbaiki, Ruang Kelas SDN di Karawang Ambruk Saat Diguyur Hujan

JABARNEWS | KARAWANG – Lama tidak diperbaiki serta derasnya diguyur hujan, ruang kelas SDN Amansari 2 Desa Amansari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang ambruk pada Minggu (14/2/2020) sore.

Kepala Sekolah SDN Amansari 2, Titin Sumiati mengatakan ada dua ruang kelas yang ambruk, yang mana ruangan tersebut sudah lama dikosongkan. ambruk setelah angin disertai hujan deras mengguyur Kecamatan Rengasdengklok.

“Sudah hampir setahun di kosongkan sebelum Covid 19 dan sebelumnya hanya satu ruangan yang rusak parah,” katanya.

Titin juga menegaskan sudah beberapa kali pihaknya mengajukan perbaikan gedung sekolah SDN Amansari 2 ke Disdikpora  Kabupaten Karawang, bahkan  sudah di Survai juga oleh kepala dinas.

Baca Juga:  Aher: Jalur Mudik Jabar Siap Dan Aman

“Gedung sekolah yang ambruk ini di rehab pada tahun 2012  dengan memiliki tujuh ruang kelas dengan jumlah peserta didik 390  siswa (enam rombongan belajar), sehingga bangunannya sudah tua,” jelasnya.

Sementara itu, Badan Koordinator Pendidikan Tingkat Kecamatan Rengasdengklok, Rusta Anzag mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengajukan beberapa kali bahkan akan menjadi skala prioritas.

Baca Juga:  Pelabuhan Tikus di Cirebon Turut Diawasi dari Pemudik Yang Nekat Pulang Kampung

“Sebetulnya saya sudah malu mengajukan beberapa kali mengusulkan perbaikan banguna gedung tersebut  sampai Sekarang,” katanya.

Ia mengatan dengan kondisi sekolah tersebut, pada saat itu, bahkan dari Kapala Disdikpora ke lokasi sekolah serta melihat kondisi tiga ruangan sekolah yang kuatir ambruk.

“Sangat mengkawatirkan karena posisi bangunan tersebut  dekat sawah, ini pasti akan ambruk karena, bangunan gedung sekolah SDN Amansari 2  sudah miring ,” ujarnya.

“Karena tidak ada ruangan lagi, akhirnya ruangan tersebut dipakai kembali atau paksakan denga kehati hatian ,sehingga dalam KBM  tidak makan korban jiwa karena KBM melalui Pengajaran Jarak Jauh (PJJ),” katanya. (Red)

Baca Juga:  Bedakan Kritikus dan Radikalisme, Dedi Mulyadi: Jangan Sembarangan Menuduh

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kabupaten Karawang Asep mengaku sudah menerima laporan ambruknya bangunan sekolah SDN Amansari 2. Padahal bangunan sekolah SDN Amansari 2 telah masuk kepada anggaran perbaikannya Rehab  tahun ini.

“Tapi saya juga mau minta laporan dari kepala Bakorwil Pendidikan Kecamatan kira-kira apa harus rehab biasa atau total,” pungkasnya.