Inilah Profil Gibran Rakabuming Sebagai Walikota Solo Dan Anak Presiden RI

JABARNEWS | BANDUNG – Gibran Rakabuming Raka yang lahir pada tanggal 1 Oktober 1987 merupakan seorang pengusaha asal Indonesia. Sejak Desember 2010, ia membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar.

Gibran merupakan putra sulung dari Presiden RI yaitu Joko Widodo. Sejak kecil Gibran menetap di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School.

Baca Juga:  Demi Bantu Korban yang Terisolasi di Karawang, Dedi Mulyadi Nekat Terobos Banjir

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Baca Juga:  Lapangan Gasibu Bandung, Tempat Cocok Untuk Ngabuburit

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Baca Juga:  Bahaya Narkoba Incar Pelajar, Ini Yang Dilakukan Polres Purwakarta

Saat ini dikabarkan anak sulung dari Presiden RI satu ini akan menjadi Walikota Solo dan menggantikan jabatan walikota sebelumnya yang bernama Hadi Rudyatmo.

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, pasangan calon Gibran-Teguh memperoleh 86,53 persen pada Pilkada Solo 2020. Gibran dipastikan menjadi wali kota Solo berikutnya.

Penulis: Muhammad Amaludin