Dipercaya Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Paprika

JABARNEWS | BANDUNG – Paprika biasanya banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai jenis makanan seperti Pizza, Salad dan masih banyak lainya. Paprika sendiri sebenarnya masih satu keluarga dengan cabai.

Seperti umumnya Cabai, ternyata paprika juga mengandung capsicum annuum L yang menghasilkan cita rasa pedas. Apabila dibandingkan dengan cabai rawit atau cabai merah, paprika tentunya kalah pedas.

Selain memiliki rasa yang tidak begitu pedas, paprika ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat Paprika bagi kesehatan:

Baca Juga:  Jokowi Minta Organisasi Keagamaan Punya Komitmen Kebangsaan

Pertama. Memelihara kesehatan mata – Paprika mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta aneka vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata, seperti vitamin A dan vitamin E. Kandungan paprika tersebut dapat mencegah kerusakan sel retina mata dan mengurangi resiko terjadinya katarak.

Kedua. Mencegah anemia – Untuk mencegah terjadinya anemia, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, folat, dan vitamin B12. Ketiga kandungan tersebut juga terdapat pada paprika.

Baca Juga:  Pilkades Purwakarta: Ada 52 Calon Kades di Kecamatan Darangdan, Ini Daftarnya

Ketiga. Mengurangi peradangan – Paprika mengandung banyak antioksidan dan senyawa capsaicin, yaitu zat yang memberikan rasa pedas pada paprika dan cabai, serta rempah-rempah lainnya. Kandungan tersebut diketahui baik untuk mengurangi peradangan.

Keempat. Menurunkan risiko kanker – Kandungan antioksidan seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan vitamin C yang ada di dalam paprika terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga:  Berikut Berbagai Jenis Makanan Yang Dipercaya Mampu Membantu Pembentukan Otot

Kelima. Menjaga kesehatan jantung – Kandungan antioksidan dalam paprika juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah bisa tetap lancar. Efek ini menjadikan paprika bermanfaat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

Penulis: Muhammad Amaludin