Mengenang Maria Thomas Tokoh Wanita Indonesia Yang Dipajang Di Logo Google

JABARNEWS | BANDUNG – Maria Thomas yang lahir di Likupang pada tanggal 17 Februari 1896 merupakan anak dari Adriaan Thomas dan ibunya bernama Nicolina Maramis. Ia adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter.

Dia merupakan seorang lulusan sekolah Kedokteran Hindia yang bernama Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada tahun 1922, Maria kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi.

Baca Juga:  Sopir Istri Ferdy Sambo Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J

Dalam masa pendidikanya Maria merupakan satu-satunya siswi perempuan di antara sekitar 200 siswa laki-laki yang bersekolah di tempat tersebut. Berselang dua tahun kemudian barulah sekolahnya menerima siswa perempuan kedua yang bernama Anna Warouw yang juga berasal dari daerah Minahasa.

Sebelum meninggal Pada tanggal 10 Oktober 1966, ia pernah bertugas di berbagai tempat di hampir seluruh wilayah Sumatera Utara. Maria menjadi dokter Spesialis di beberapa rumah sakit ternama pada masa itu.

Baca Juga:  Perankan Aruna, Bobot Dian Sastrowardoyo Naik 10 Kg

Selain di pulau sumatra Maria juga pernah mengabdikan dirinya menjadi dokter di salah satu rumah sakit yang berada di Batavia atau Jakarta pada saat ini yang bernama Rumah Sakit Budi Kemuliaan.

Pada masa tersebut juga Ia pernah menjadi asisten Nicolaas Boerma seorang dokter Belanda yang spesialisasi dalam bidang obstetri tentunya bidang tersebut sama dengan kemampuan yang dimiliki oleh Maria.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Nelayan yang Hilang Di Pangandaran Ditemukan Selamat

Oleh sebab itu saat ini ia dikenang oleh seluruh dunia, bahkan saat ini bertepatan dengan hari kelahirannya yaitu 17 Februari goggle membuat doodle Maria Thomas dan dipasang sebagai logo google.

Penulis: Muhammad Amaludin