Komisi V DPRD Jabar Dorong Dinsos Maksimalkan Pembangunan Gedung ODGJ

JABARNEWS | BANDUNG – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Provinsi Jawa Barat meningkat. Diketahui hal tersebut disebabkan faktor kehilangan pekerjaan, keluarga, dan masalah ekonomi selama pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi V DPRD Jabar Dadang Kurniawan mengatakan, Dinas Sosial (Dinsos) Jabar perlu memaksimalkan pembangunan gedung ODGJ. Menurutnya, gedung tersebut sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Sekuel Film Legendaris Petualangan Sherina Tengah Digodok

“Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat perlu memaksimalkan pembangunan gedung untuk ODGJ sesuai dengan kebutuhan,” kata Dadung sapaan akrabnya di Bandung, Rabu (17/2/2021).

Dia menjelaskan bahwa pihaknya mengkhawatirkan terkait permasalahan lahan. Pasalnya, lanjut Dadung, lahan tersebut ditakutkan tidak akan mencukupi kebutuhan yang ada di Jabar.

Baca Juga:  Keren, Tumbuhan Khas dari 34 Provinsi di Indonesia Bakal Hiasi Kawasan IKN

Oleh karena itu, Dadung mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk menyiapkan anggaran yang besar dalam pembangunan gedung ODGJ. Supaya, sambung dia, segala kebutuhan dapat terpenuhi.

“Untuk membangun gedung ODGJ tersebut dibutuhkan anggaran yang besar untuk mengakomodir kebutuhan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dadung mengungkapkan, jangan sampai fasilitas pembinaan untuk menampung ODGJ di Jabar menjadi terhambat. Karena, ucap Dadung, jika terhampat akan menjadi kesulitan tersendiri bagi Pemprov Jabar untuk mengatasi penderita gangguan jiwa yang berkeliaran di jalanan.

Baca Juga:  Pelaku Perobek Al Quran Mengidap Gangguan Skizofrenia

“Jangan sampai karena tidak ada fasilitas, ODGJ di Jabar menjadi terlantar,” tutupnya. (Red)