Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Bekasi, Sekda Jabar: Sesuai Harapan

JABARNEWS | BEKASI – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di Puskesmas Sukamahi, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi terbilang baik. Capaian vaksinasi Covid-19 pun tergolong besar meski distribusi vaksin Covid-19 ke Kabupaten Bekasi berjalan pada tahap I termin II.

“Kabupaten Bekasi di luar tujuh daerah yang pertama menjalankan vaksinasi, tetapi Kabupaten Bekasi bisa mengejar karena persiapan sudah cukup matang dan sudah siap,” kata Setiawan.

Baca Juga:  Terungkap.. Kasus Mayat Dalam Toren Di Bunuh Oleh Ayah Tirinya

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Setiawan pun memonitor kesiapan Kabupaten Bekasi menjalankan vaksinasi Covid-19 pada tahap berikutnya dengan sasaran pelayanan publik.

Kesiapan yang dicek oleh Setiawan mulai dari sarana prasarana, sampai tenaga vaksinator. Pengecekan dilakukan agar vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi pada tahap berikutnya berjalan optimal.

“Tahap berikutnya tentu lebih banyak. Tahap pertama SDM Kesehatan, setelah itu untuk profesi lainnya, yaitu profesi pelayan publik, di antaranya TNI/Polri dan ASN,” tuturnya.

Baca Juga:  Penjual Miras Oplosan Jenis Roso-Roso Diamankan Polisi Cianjur

“Ini tentu saja mendapat perhatian kami. Kenapa? Karena selain cukup banyak dan tentu saja kami melihat apakah SDM untuk tenaga vaksinatornya cukup, tempat pelaksanaan sudah siap, dan seterusnya,” tambahnya.

Selain itu, Setiawan mendorong pemerintah kabupaten/kota di Jabar untuk mengakselerasi vaksinasi Covid-19 bagi SDM Kesehatan supaya selesai sesuai rencana. Hal itu dilakukan agar vaksinasi Covid-19 pada tahap berikutnya tidak tertunda.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar per 13 Februari 2021, SDM Kesehatan yang sudah divaksin dosis pertama mencapai 79,99 persen dan dosis kedua sekitar 17,60 persen. Sedangkan SDM Kesehatan yang ditunda pemberian vaksin mencapai 9,49 persen.

Baca Juga:  Harga Sayuran Turun, Ini Kata Disdaging Kota Bandung

“Target untuk SDM Kesehatan ini akhir Februari selesai. Kemudian, sasaran beralih ke profesi lainnya,” tuturnya.

Sekda Kabupaten Bekasi Uju mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyiapkan semua hal dengan maksimal agar vaksinasi tahap selanjutnya berjalan optimal.

“Pemerintah daerah akan mempersiapkan tahap berikutnya secara maksimal agar pelaksanaan vaksin di Kabupaten Bekasi bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tutupnya. (Red)