Video: Said Widodo Bercerita Kerusuhan Besar Daerah Wanayasa Purwakarta

PURWAKARTA - Pada zaman dahulu ketika Indonesia sedang dijajah oleh Belanda, kira-kira sekitar tahun 1710, Belanda (VOC) menjadikan Wanayasa sebagai daerah cabang perkebunan teh, sedangkan daerah pusat perkebunan teh tersebut berada di Purwakarta.

Dilaporkan, pada saat itu para pekerja perkebunan teh baik yang berada di Wanayasa maupun Purwakarta kebanyakan adalah Orang Tionghoa yang berasal dari Makao.

Baca Juga:

Tiga Jenis Pakai Rajut Wanita Yang Trend Di Tahun 2021

Pohon Tumbang Timpa Dua Rumah Warga di Kandanghaur Indramayu



Setelah sekian lama mengalami penderitaan dari VOC, para pekerja perkebunan teh mulai mengadakan perlawanan, terjadilah kerusuhan besar-besaran di Daerah Wanayasa dan Purwakarta.

Di edisi Redaksi Bertanya kali ini akan membahas tentang Sejarah Purwakarta bersama pak Ahmad Said Widodo Peneliti dan Penulis Sejarah Purwakarta

Para pekerja membakari gedung-gedung dan bangunan pemerintah, yang baru dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Karawang bersama dengan Pemerintah Hindia Belanda. Gudang-gudang di Pelabuhan Cikao pun dibakar habis. Bupati Karawang saat itu, Raden Adipati Suriawinata, bisa meloloskan diri dari pendopo dan bersembunyi di loji Belanda di Kembangkuning. (Red)
Tags : Sejarah Purwakarta Pemkab Purwakarta Kabupaten Karawang Pemkab Perwakarta Penjajahan Belanda VOC Jabarnews berita Jawa Barat berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi