BMKG: Pulau Jawa Siaga, Waspada Potensi Banjir Bandang di Wilayah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di Pulau Jawa. Peringitan dini yang berlaku mulai 18-19 Februari untuk siaga akan siaga banjir akibat hujan lebat .

“Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” demikian informasi resmi BMKG, Rabu (17/2).

Deputi Meteorologi BMKG, melaporkan untuk status Waspada yaitu Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  Learning Trip Goes To Kediri, Program Khusus Untuk Siswa SMPIT Cendekia Purwakarta

“Status Waspada banjir juga diprakirakan di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua,” ujar Guswanto, Deputi Meteorologi BMKG di Jakarta, Kamis (18/2/2022).

Sebelumnya, analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Tiga Jemaah Haji Asal Cianjur Meninggal Dunia di Tanah Suci, Ini Penyebabnya

Hal ini disebabkan oleh monsun Asia yang masih mendominasi wilayah Indonesia dan diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu, adanya pusat tekanan rendah di wilayah utara Indonesia dan di Australia bagian utara dapat mempengaruhi pola arah dan kecepatan angin sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

Berdasarkan analisis tersebut, BMKG memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga 21 Februari yaitu di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Baca Juga:  Kedatangan Gubernur Gorontalo, Ridwan Kamil Bagikan Tips Penanganan Covid-19

Serta di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. (Red)