Plh Bupati Sergai: Kampung Tangguh Harapan Desa Dalam Hadapi Pandemi

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Dalam membentuk masyarakat yang mandiri baik secara ekonomi, sosial dan kesehatan, terutama dalam menghadapi masa pandemi yang sampai saat ini masih belum berakhir. Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai mendirikan kampung tangguh hampir diseluruh desa di Kabupaten Serdang Bedagai.

Plh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Faisal Hasrimy mengatakan, kampung tangguh dibentuk di Kabupaten Serdang Bedagai salah satu proses percepatan dalam penanganan Covid-19. Ini terbukti tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui kampung tangguh.

Baca Juga:  Mensos Risma Pastikan Pencairan Bansos Rp600 Ribu Mulai Minggu Ini

“Kampung tangguh, proses percepatan penanganan Covid-19,” katanya usai meresmikan Kampung Tangguh di Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (19/02/2021).

Menurutnya, tidak hanya bertujuan untuk penanganan Covid-19, kampung tangguh juga diproyeksikan agar mampu membangun desa yang mandiri, responsif dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Daun Bidara Laut Yang Kaya Antioksidan

“Kami sudah menginstruksikan kepada para Kepala Desa agar menganggarkan dana untuk penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing,” ungkap Faisal.

Dijelaskan Plh Bupati, dimasa-masa genting seperti saat ini, sosialisasi protokol kesehatan juga harus selalu menjadi salah satu prioritas aksi kepada masyarakat dalam pencegah penyebaran Covid-19.

“Sosialisasi protokol kesehatan sangat dibutuhkan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai,” ujarnya.

Masih kata dia, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan instruksi untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro. Selain itu sebutnya, masyarakat juga diminta untuk menjalankan prokes terbaru yang terangkum dalam 5M yang terdiri dari Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari Kerumunan.

Baca Juga:  GP Ansor Ciamis Aksi Bom Bunuh Diri Di Gereja Katedral Makassar Merupakan Penzaliman

“Dengan adanya kampung tangguh, diharapkan angka Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin,” ujarnya.

Penulis: Ahmad Putra