Antisipasi Banjir, Tim SAR Cek Debit Air Sungai di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Anggota tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar melakukan giat patroli pemantauan dan pengecekan debit air sungai di wilayah Kampung Balakang Desa Gadog, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan air sungai. Dalam cuaca yang tidak menentu ditambah hujan deras yang terus mengguyur di sebagian wilayah Kabupaten Cianjur.

Komandan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Iptu Apep Yusup Maolana memerintahkan kepada tim SAR Kompi 3 untuk melaksanakan patroli SAR di beberapa titik sungai yang rawan terkena banjir.

Baca Juga:  Lulusan Kampus Harus Berkualitas Dan Berdaya Saing

“Oleh karena itu tim SAR Kompi 3 langsung bergerak cepat untuk melaksanakan patroli SAR ke sungai-sungai yang berada di kampung Balakang dan seputaran Desa Gadog guna mengantisipasi apabila terjadi bahaya bencana Banjir,” kata Apep dalam keterangan yang diterima, Jumat (19/2/2021).

Disamping itu juga, tim SAR Kompi 3 menghimbau serta mengingatkan kepada masyarakat agar selalu tetap waspada tentang bahaya bencana banjir setelah hujan deras.

Baca Juga:  Naura Sukses Gelar "Konser Dongeng 3 Naura" di Bandung

Di tempat terpisah, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono mengungkapkan bahwa patroli tersebut merupakan bentuk dari kesiapsiagaan. Khususnya dalam penanggulangan bencana oleh anggota tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar.

“Oleh karena itu kita harus siap guna mengantisipasi sedini mungkin bila mana ada bencana bahaya banjir kita sudah siap untuk bergerak ” ujar Yuri.

Tak hanya itu, dia menyampaikan bahwa kegiatan SAR ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  HMI Soroti Keberadaam Halte Bus di Kota Bandung, Terlihat Rusak dan Kumuh

Pengecekan debit air sungai secara berkala. Hal tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cianjur, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana,” tutupnya. (Red)