Ini Bahayanya Apabila Kita Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitamin C

JABARNEWS | BANDUNG – Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita seperti contohnya bisa mengobati sariawan dan masih banyak keutamaan lainnya.

Tetapi apakah kalian tahu? Ternyata apabila tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C dapat menyebabkan beberapa penyakit serius.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber yang kami ambil. Berikut bahaya vitamin C apabila dikonsumsi secara berlebihan. Diantaranya:

Baca Juga:  Wartawan Senior Amarzan Loebis Meninggal Dunia karena Sakit

1. Berisiko memicu timbulnya batu ginjal – konsumsi vitamin C secara berlebihan tidak akan membuat vitamin C menumpuk di tubuh. Sebab, kelebihan vitamin tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat, bersama dengan urin. Namun pada beberapa situasi, oksalat bisa terikat dengan mineral untuk membentuk kristal dan berubah menjadi batu ginjal.

Baca Juga:  Personil Jeruji Kenang Ginan, Sosok Kaya Hal Positif

2. Diare dan gangguan pencernaan – Efek samping kelebihan vitamin C yang umum terjadi adalah gangguan pencernaan, seperti kondisi diare dan mual. dan berisiko mengalami gangguan ini, jika mengonsumsi vitamin C di luar batas aturan pakai.

3. Memicu osteofit – Menurut studi, kelebihan vitamin C meningkatkan risiko kondisi osteofit. Osteofit terjadi ketika adanya penonjolan tulang yang muncul pada tepi tulang dan biasanya pada sendi. Penonjolan tulang ini terkadang memicu rasa nyeri.

Baca Juga:  Pandemi-Covid-19, Pengusaha Cafe Rempah di Kuningan dapat Omset Ratusan Juta

4. Nutrisi Tidak Seimbang – Bahaya lain yang dikhawatirkan adalah vitamin C yang berlebihan dapat merusak kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Contohnya, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B12. Kehadiran vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. (MA)