Inilah Lima Oleh-oleh Terkenal Asal Sumedang

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap wilayah di Indonesia biasanya memiliki kekhasannya masing-masing, salah satunya seperti Sumedang yang memiliki beberapa kuliner khasnya.

Ada banyak kuliner atau oleh-oleh Khas dari Kabupaten Sumedang ini salah satunya yaitu Tahu, makanan itu menjadi ikon kabupaten sumedang yang telah melegenda hingga saat ini. akan tetapi bukan hanya tahu saja yang menjadi oleh-oleh Sumedang.

Dilansir dari beberapa sumber kami berhasil merangkum ragam kuliner yang khas dari Kabupaten Sumedang. Diantaranya:

Pertama. Ubi Cilembu – Makanan khas Sumedang selain tahu yang cukup terkenal adalah ubi Cilembu. Ubi satu ini berbeda dengan jenis ubi pada umumnya, hal itu karena ubi Cilembu lebih mirip dengan ubi madu dan Ubi Cilembu merupakan salah satu makanan khas Sumedang yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari.

Baca Juga:  Tangkal Hoaks, MUI: Harus Tabayun

Kedua. Soto Bongko – Soto bongko disajikan bersama dengan lontong yang ditaruh dalam bungkusan besar. soto bongko biasanya disajikan bersama dengan potongan tahu kuning yang sudah digoreng, tauge, lalu disiraman dengan kuah kari bersantan yang berisikan tubuh ayam seperti kepala ayam.

Baca Juga:  Melalui Sidang Isbat, Kemenag Akan Tentukan Hari Raya Idul Fitri pada 20 April Mendatang

Ketiga. Oncom – Makanan khas Sumedang Jawa Barat ini banyak anda temukan di Desa Pasireungit, Kecamatan Paseh. Oncom sebagai makanan yang populer di seantero Jawa Barat ini juga sudah go international. Jika oncom biasanya dibuat dari ampas tahu, oncom Pasireungit dibuat dengan ampas ketela yang dicampur olahan kacang tanah atau disebut sebagai bungkil.

Keempat. Opak Ketan – Opak ketan juga makanan khas Sumedang yang dikenal di tanah Priangan. Banyak macam pilihan olahan opak yang tersaji di seantero Sumedang, namun yang paling terkenal dengan kelezatannya adalah opak ketan Sumedang. Biasanya opak jenis satu ini banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Baca Juga:  Polsek Jatiwangi Ringkus Pelaku Pengeroyokan

Kelima. Sawo Citali – Sawo Citali juga masuk dalam daftar makanan khas Sumedang yang harus anda coba. Sumedang juga mempunyai buah varietas yang cukup unggul, yaitu buah sawo. Sama seperti namanya, sawo jenis ini banyak dihasilkan oleh petani sawo yang bermukim di daerah Citali, Kabupaten Sumedang. (MA)