Empat Heritage Bersejarah Yang Berkaitan Dengan Terbentuknya Kabupaten Purwakarta

JABARNEWS | BANDUNG – Purwakarta merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, biasanya Kabupaten Purwakarta terkenal dengan wisata alam dan kulinernya seperti Sate maranggi dan Curug Tilu.

Akan tetapi, ternyata di Kabupaten Purwakarta Terdapat beberapa tempat wisata yang berkaitan dengan sejarah terbentuknya Kabupaten Purwakarta, Tentunya hal tersebut sangat seru untuk kita kunjungi di akhir pekan.

Oleh Sebab itu, dilansir dari beberapa sumber kami berhasil merangkum berbagai macam tempat bersejarah di Kabupaten Purwakarta yang bisa kalian kunjungi untuk berwisata. Diantaranya:

Baca Juga:  Waspada! Ini Penyakit Berbahaya Bergejala Kesemutan Dibagian Tangan

Pertama. Pendopo Purwakarta – Bangunan Pendopo ini merupakan salah satu peninggalan penjajah pada jaman dahulu, tentunya Pendopo tersebut merupakan salah satu sejarah yang ada hingga saat ini. Disana kalian bisa berkunjung dan berfoto ria karena sekarang pendopo dikelilingi oleh taman-taman yang indah.

Kedua. Gedung Kembar – Gedung bergaya arsitektur Eropa ini merupakan salah satu bukti penting sejarah terbentuknya Kabupaten Purwakarta. Diperkirakan Gedung kembar itu didirikan pada paruh kedua abad ke-19 masehi, yaitu setelah Kota Purwakarta ditetapkan sebagai ibukota Karesidenan Karawang sejak tahun 1854 silam.

Baca Juga:  Jadwal Indonesia di Bulu Tangkis AG 2018 Hari Ini

Ketiga. Gedung Bakorwil (Karesidenan) – Gedung Karesidenan yang berada di pusat kabupaten Purwakarta. Pembangunan gedung tersebut berkaitan erat dengan status Purwakarta sebagai ibu kota karesidenan Karawang. Pembangunan gedung ini seiring dengan pembangunan jalur kereta api Batavia-Padalarang pada awal abad ke-20.

Baca Juga:  Sistem Rangking Resmi Jadi Acuan Kategori Peserta Yang Lolos Tes SKD CPNS 2018

Keempat. Normal School Purwakarta – Bangunan peninggalan zaman Belanda lainnya adalah Normal School yang kini berubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Purwakarta. Dahulu, Normal School didirikan oleh seorang misionaris Jesuit bernama Fransiskus Georgius Josephus van Lith atau Romo van Lith. Dia tidak menyukai penjajahan sehingga mendirikan Normal School atau sekolah guru untuk penduduk pribumi Jawa. (MA)