Kemungkinan Reinfeksi Pada Penyitas Covid-19, Wiku Minta Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Reinfeksi atau terpapar kembali orang yang sudah dinyatakan sembuh ditemukan diberbagai negara termasuk Indonesia.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito meminta para penyitas untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Baca Juga:  TB. Hasanudin Siapkan 600 Satgasus

“Fakta ini menjadi sebuah penanda untuk tidak menjadikan alasan bagi penyintas Covid-19 untuk melupakan kedisiplinan protokol kesehatan karena peluang terinfeksi Covid-19 itu ada,” ucap Wiku Adisasmito pada Kamis (18/2/2021).

Reinfeksi dapat terjadi diakibatkan karena virus yang tersembunyi di dalam tubuh, lalu terjadi kontaminasi silang dari strain virus lain yang menyebabkan pasien positif palsu.

Baca Juga:  Menjajal Keindahan Destinasi Wisata Pulau Biawak Indramayu Dari Ketinggian Mercusuar

Wiku mengungkapkan bahwa manusia memiliki sistem imun yang berbeda-beda, jika sistem imun tidak berkondisi optimal, akan sangat mungkin terpapar benda asing kedalam tubuh.

Virus Covid-19 ini merupakan virus yang baru, jadi hal ini masih menjadi tanda tanya bagi para ilmuwan.

Baca Juga:  Ceramah dari Gus Muwafiq Awali Rangkaian HUT Purwakarta

“Sehingga hasil studi tersebut masih sangat dinamis dengan banyaknya penelitian lain yang serupa,” ucap Wiku Adisasmito.

Oleh karena itu, protokol kesehatan masih menjadi upaya yang paling efektif untuk menghindari terpaparnya virus Covid-19. (Red)