Cek! Begini Cara Tukar Sampah Jadi Emas di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Meski belum resmi diluncurkan, program terbaru PD Kebersihan Kota Bandung yakni menabung sampah jadi emas, warga sudah antusias untuk mengikutinya.

Sampai saat ini, Bank Sampah Resik PD Kebersihan Kota Bandung pun terus menyosialisasikan kepada para nasabah. Bahkan Bank Resik telah mengeluarkan 108 keping emas mini untuk para nasabahnya sejak Desember 2020 lalu.

Hal itu pun menjadi indikator yang baik. Itu menunjukan warga semakin bersemangat mendapatkan emas mini dengan nilai 0,025 sampai 1 gram dari hasil menukar sampah yang telah dipilah.

Direktur Bank Sampah Resik Marina Puspita mengatakan, program menabung sampah jadi emas ini saat dikenalkan kepada para nasabah. Awalnya banyak yang tidak percaya emas tersebut merupakan emas asli.

Baca Juga:  Lumpuh Layuh, Adah Ingin Dibantu Pemerintah

“Jadi pas kita sodorin emas itu, banyak yang bertanya ini emas asli atau bukan? Karena ini emas minikan. Kita kampanyenya juga cukup Rp40 ribu bisa dapat emas. Jadi akhirnya banyak juga yang antusias,” kata Mariana di Kota Bandung, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, pihaknya mengutamakan para ibu rumah tangga sebagai sasaran. Bank Sampah Resik juga menerima penukaran emas untuk diuangkan atau ditukar ke gram yang lebih tinggi.

“Kalau ada yang punya 0,1 gram 10 keping, bisa juga ditukar dengan 1 gram. Atau mau jual lagi juga bisa kita menerima untuk diuangkan juga,” ucapnya.

Baca Juga:  Tiga Makanan Ini Bisa Untuk Mengendalikan Asam Lambung

Marina menjelaskan, untuk menjadi nasabah di Bank Sampah Resik ada dua proses, yakni nasabah individu atau nasabah unit yang mempunyai kepengurusan minimal 10 orang.

“Untuk individu bisa daftar langsung ke sini, bawa satu kilogram sampah sudah bisa menjadi nasabah, tinggal nanti menabung saja. Bisa ikut juga program nabung sampah jadi emas itu,” jelasnya.

“Kalau yang unit, itu juga kita free pengangkutan sampah kalau di atas 20 kilogram sampai 50 kilogram kita terima,” lanjutnya.

Sedangkan untuk sampah yang diterima, rata-rata Bank Sampah Resik menerima dus, PET (Botol plastik) bersih dan kotor, gelas minuman, macam-macam plastik, kresek, botol kaca hingga arsip. “Tetrapak atau bungkus minuman susu yang kotak, kaleng, tembaga, botol kecap, kita menerima, dengan harga yang sudah ditentukan juga,” tuturnya.

Baca Juga:  Indonesia Memang Tangguh

Marina mengungkapkan, dengan program nabung sampah jadi emas ini ada pula warga dari luar Kota Bandung yang tertarik dan ingin menjadi nasabah. Namun pihaknya hanya menerima dari Kota Bandung saja.

“Kalau kota yang lain mungkin bisa mengadopsi program ini juga, tapi memang program kita khusus di Kota Bandung saja. Bahkan ada juga dari daerah lain yang sampai mau ngekargoin (mengirimkan) sampahnya,” ungkapnya. (Red)