Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Pohon Tumbang di Kota Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Citeko Bogor, Fatuhri Syabani mengatakan cuaca ekstrem saat ini untuk bisa mengantisipasi akan ancaman bencana pohon tumbang di Kota Bogor.

“Kota Bogor diketahui memiliki banyak pohon-pohon besar, sehingga berpotensi menimbulkan bencana pohon tumbang,” ujar Fatuhri Syabani, Jumat (19/2/2021).

Ia mengatakan BMKG Pusat sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan angin kencang, hujan deras yang disertai petir yang akan terjadi di Jawa Barat. Termasuk Kota Bogor.

Baca Juga:  Warga Kini Bisa Lapor Jalan Rusak Secara Online, Begini Caranya

“Ada beberapa fenomena cuaca skala regional dalam dua hari terakhir, yang memperkuat terjadinya cuaca ekstrem,” ujarnya.

Salah satunya, karena adanya arus massa udara yang kuat dari daratan asia menuju wilayah utara pulau jawa yang berbelok ke timur. Sehingga menimbulkan pemusatan massa udara di selatan sumatera dan jawa bagian barat.

Baca Juga:  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukabumi, Ini Pengakuan Kades Cimerang

“Massa udara yang kaya akan uap air ini diperkuat dengan adanya salah satu jenis gelombang atmosfer yang saat

Tak hanya itu, sebelumnya, pada Kamis (18/2) diperkirakan kecepatan angin yang berhembus 5 hingga 35 kilometer per jam di kawasan Kota Bogor berpotensi membuat pohon tumbang.

Baca Juga:  Tahukan Anda Maanfaat dari Kacang Kedelai Bagi Tubuh? Simak Ini

“Diharapkan pemerintah kota memberi perhatian terhadap kondisi pepohonan di tepi jalan. Memangkas ranting atau dahan tua untuk menghindari korban jiwa akibat tumbangnya pohon dan jatuhnya ranting atau dahan,” pungkasnya. (Red)