Rekomendasi Lima Tempat Nasi Jamblang Yang Mantul Di Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang populer dan banyak dicari.

Tidak sedikit pengunjung baik dari Cirebon maupun luar daerah banyak mendapati pedagang nasi jamblang. Namun, terlepas dari persoalan harga jual salah satu kedai makan nasi jamblang, beberapa tempat berikut ini populer dan ramai oleh pengunjung.

Dalam penyajiannya, tempat makan Nasi Jamblang memiliki ciri khas tersendiri dan harganya terjangkau. Berdasarkan pantauan di lapangan, beberapa tempat makan Nasi Jamblang ini cocok untuk mengobati rasa lapar dan memanjakan lidah pengunjung Cirebon.

Berikut lima rekomendasi tempat makan Nasi Jamblang Cirebon:

Jamblang Tulen – Nama Nasi Jamblang Tulen sudah tak asing didengar telinga para penikmat kuliner legendaris ini. Berlokasi di Jalan Raya Jamblang Depan Pasar Jamblang Kabupaten Cirebon, merupakan tempat pertama dan terciptanya kuliner melegenda Nasi Jamblang.

Cerita asal-usul nasi jamblang sendiri semula hanya untuk sedekah para buruh pembangunan pabrik Gula Gempol yang beroperasi pada tahun 1847 dan pabrik Spirtus Palimanan yang beroperasi pada tahun 1883.

Saat itu, H Abdul Latief seorang pengusaha pribumi sukses meminta istrinya Tan Piauw Lun atau akrab disapa Nyonya Pulung untuk menyediakan makanan berupa nasi dan lauk pauk secukupnya dengan dibungkus daun jati untuk diberikan kepada para buruh sebagai sedekah.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Sebut Ekonomi Jabar Bangkit dan Merata Pasca Pandemi, Benarkah?

Sementara, lauk pauk nasi jamblang pertama yang diperuntukkan bagi para buruh hanya ada 7 macam. Yakni dendeng laos, bebek goreng (paru), sambal goreng, tempe goreng, tahu goreng, sayur tahu dan ikan asin panjelan (cucut).

“Karena mungkin rasanya pas dan enak akhirnya permintaan nasi jamblang pun semakin banyak. Bahkan para buruh bersedia membelinya. Akhirnya uyut saya membuka usaha nasi jamblang di dekat rumah,” tutur salah seorang generasi kelima penerus Nasi Jamblang Tulen, Hj Tien.

Jamblang Mang Dul – Salah satu tempat makan Nasi Jamblang di kawasan sekitar Kota Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Cipto Mangunkusumo dekat Lampu Merah Gunung Sari.

Nasi Jamblang Mang Dulu berdiri cukup lama dan merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada pagi hari. Varian menu dan lauk pauk yang berbeda disajikan dalam tempat makan ini.

Baca Juga:  Manfaat Madu Klanceng Trigona Bagi Kesehatan, Diantaranya Dapat Mengontrol Diabetes

“Iya masakannya enak saya saja sampai rela antre mas itu sudah pagi,” kata salah seorang pelanggan Nasi Jamblang Mang Dul, Lida.

Selain menu Nasi Jamblang, di sekitar tempat makan juga menawarkan varian menu lain. Seperti empal gentong, hingga es durian sebagai penghilang dahaga.

Jamblang Bu Nur – Nasi Jamblang yang satu ini berada di Jalan Cangkring Kota Cirebon. Warung ini tak kalah ramai dengan tempat makan Nasi Jamblang lainnya di Cirebon.

Sejak pagi, antrian pelanggan Nasi Jamblang Bu Nur selalu memadati pintu masuk. Bahkan, tidak sedikit kendaraan macet ketika ingin memasuki kawasan gang arah Nasi Jamblang Bu Nur itu sendiri.

Sementara itu, pemilik Nasi Jamblang Cirebon Bu Nur, Wahid mengatakan, selama libur jumlah pengunjung mencapai empat kali lipat.

“Kalau hari biasa ya normal paling 100 orang per hari dan sebenarnya jumlah pengunjung kami tidak pernah hitung karena ya mengalir saja siapa yang datang kami layani,” kata Wahid.

Restoran Nasi Jamblang Cirebon Ibu Nur buka sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Wahid mengaku tak ada persiapan khusus menghadapi lonjakan pengunjung yang makan di restorannya itu.

Baca Juga:  Wartawan Online Se-Jabar Pererat Silahturahmi

Varian menu dalam Nasi Jamblang yang ada di restaurantnya selalu disajikan dalam kondisi panas. Jika kehabisan, pengelola mendadak masak.

“Kebetulan kan pasar dekat jadi kami mendadak belanja dan langsung dimasak jadi pengunjung makan disini dalam kondisi fresh,” sebut Wahid.

Jamblang Pelabuhan – Merupakan salah satu tempat makan Nasi Jamblang yang menyajikan suasana berbeda. Sambil menikmati pagi di pesisir Cirebon, Nasi Jamblang Pelabuhan menjadi salah satu pilihan pengunjung untuk sarapan.

Menu dan lauk pauk yang disajikan sama, hanya saja nuansa pelabuhan dan alunan musik pengamen yang membuat suasana menyantap Nasi Jamblang Cirebon berbeda.

Jamblang Bu Fitri – Warung makan ini kerap ramai oleh pengunjung terutama pada malam hari. Selepas pengunjung berwisata keliling Cirebon, maupun Kuningan dan Majalengka.

Warung Nasi Jamblang Bu Fitri tersebut berada di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. Menu dan lauk pauk yang lebih banyak, terutama pilihan satai. (Red)