Inilah Beberapa Cara Jitu Menjaga Kesehatan Dalam Kondisi Banjir

JABARNEWS | BANDUNG – Musim Hujan memang kadang membawa beberapa masalah, salah satunya yaitu banjir yang bisa terjadi kapan saja ketika volume air meluap di beberapa daerah tertentu. Oleh sebab itu kita harus siaga dan jaga kesehatan.

Saat banjir melanda biasanya daya tahan tubuh melemah karena perubahan suhu, terlebih lagi biasanya banjir juga menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, gatal-gatal dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Indonesia Hanya Miliki Serum Anti Bisa dari Tiga Jenis Ular

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber berikut cara menjaga kesehatan saat banjir. Diantaranya:

Pertama. Perkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang – Pastikan  kalian dan keluarga selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama buah dan sayur, untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjaga daya tahan tubuh. 

Baca Juga:  Ini Penjelasan BMKG Soal Dicabutnya Peringatan Tsunami

Kedua. Cari di tempat kering – Di tempat kering kalian bisa menyesuaikan tubuh, apabila kalian tetap bertahan di rumah yang terkena banjir cara ini bisa kalian gunakan karena biasanya apabila selalu diam di tempat tergenang banjir akan mudah terserang penyakit.

Ketiga. Gunakan Air bersih Untuk diKonsumsi – Biasanya apabila tempat tersebut tergenang banjir, pastinya kalian akan kesulitan mendapatkan air bersih. Padahal air bersih cukup penting karena tubuh kita memerlukan air bersih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Dinas ESDM: Eksploitasi Tambang Sepatutnya Tidak Berlebihan

Keempat. Menjaga Kebersihan diri – Jika terpaksa tinggal di pengungsian, pastikan Anda dan keluarga tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari orang yang sedang sakit. (MA)