Doa Ini Bisa Kalian Baca Ketika Terjadi Banjir

JABARNEWS | BANDUNG – Belakangan ini bencana alam banjir kembali melanda beberapa bagian besar daerah yang ada di Jawa Barat seperti Bekasi, Cikarang, Karawang dan masih ada kota lainnya yang saat ini telah di terjang banjir.

Tentunya, musibah tersebut pastinya banyak membuat warganya kesulitan. Akan tetapi, setiap dibaliak musibah allah pasti memberikan hikmah dan manfaat bagi kita selaku umatnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya ketika kalian mendapat musibah seperti banjir untuk membaca doa berikut ini:

Pertama. Doa saat terkena musibah

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Baca Juga:  Hendak Mudik, Ibu Ini Melahirkan Di Tol Purbaleunyi

Latin: Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Kedua. Doa Nabi Nuh saat hujan dan banjir

Saat terjadi musibah banjir bisa membaca doa seperti yang sempat dibacakan Nabi Nuh AS. Doa ini bisa dilihat di Al-Qur’an surat Hud ayat 44.

Baca Juga:  Lautan Pendemo yang Menolak Omnibus Law di Purwakarta Jadi Tontonan Warga

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Arab latin: Wa qīla yā arḍubla’ī mā`aki wa yā samā`u aqli’ī wa gīḍal-mā`u wa quḍiyal-amru wastawat ‘alal-jụdiyyi wa qīla bu’dal lil-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasahlah orang-orang yang.”

Ketiga. Doa ketika hujan

Banjir juga sempat terjadi di masa Rasulullah SAW. Saat itu dikisahkan terjadi hujan deras selama 7 hari di Madinah hingga merusak rumah, membatasi aktivitas masyarakat, dan merusak stok makanan. Doa terdapat dalam hadist yang dinarasikan Anas.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tegaskan Tidak Ada Mahar Politik di Partai Golkar

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا

Artinya: “Ya Allah, Biarkan hujan terjadi di sekitar kami bukan tepat di kami.” (HR Bukhari)

Setelah membaca doa tersebut, awan mendung dikisahkan hilang dari sekitar Madinah. Hasilnya Madinah tak lagi diguyur hujan lebat seperti seminggu sebelumnya. Hadist terdapat dalam kitab Invocations yang ditulis imam Bukhari. (MA)