Hipmikindo Purwakarta Dorong Kebangkitan UMKM dan Ekonomi Kreatif

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tak bisa dipungkiri, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Di sisi lain, para pelaku usaha ini juga menjadi sektor yang paling terpukul akibat wabah ini.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (DPC Hipmikindo) Kabupaten Purwakarta Agus Sanusi, mengatakan, peran penting UMKM dalam perekonomian nasional tersebut mencerminkan peran penting UMKM dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“UMKM dapat menjadi garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Agus, saat ditemui Acara Expo, Seminar dan Workshop UMKM Kabupaten Purwakarta, pada Senin (22/2/2021)

Baca Juga:  Modus Gandakan Uang, Sopir Ojek Daring Mengembat Puluhan Juta

Untuk mencapai itu, Agus mengklaim, salah satu upaya yang dilakukan oleh jajaran Hipmikindo Purwakarta adalah menggelar expo, seminar dan workshop untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Dijelaskannya, kegiatan ini juga menggalang aksi kolektif dari berbagai sektor yang dibutuhkan dalam upaya mendukung kebangkitan UMKM di Purwakarta. Dalam hal ini, pemerintah dan sektor bisnis yang mempunyai kemampuan untuk mencari solusi melalui teknologi, inovasi dan investasi.

“Selain pemerintah di berbagai tingkatan, sektor bisnis juga dapat berperan mengatasi dampak negatif pada lingkungan dan sosial melalui rantai nilai dan rantai pasok operasi bisnis mereka. Hingga kini, sektor bisnis juga telah mengambil bagian untuk mengembangkan UMKM demi pencapaian SDGs,” paparnya.

Keberadaan Hipmikindo Purwakarta, sambung dia, bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta mewadahi pengusaha mikro dan kecil. Kemudian, meningkatkan kemandirian, kebersamaan, kekeluargaan, kewirausahaan pengusaha mikro dan kecil.

Baca Juga:  Keren, KPU Depok Raih Tiga Penghargaan

“Kami juga hadir untuk meningkatkan peran pengusaha mikro dan kecil dalam pembangunan daerah yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja guna mewujudkan pemerataan pendapatan dan terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan kemelaratan,” tutur Agus.

Ditempat yang sama, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengaku, sejauh ini, jajaran Pemkab Purwakarta terus mensupport warganya untuk selalu produktif apapun kondisinya. Termasuk saat pandemi seperti sekarang ini. Minimal ada kemauan dulu, untuk mengubah segalanya ke arah yang lebih baik lagi.

“Secara teknis Pemkab Purwakarta, melalui dinas-dinas terkait juga tengah fokus melakukan berbagai program sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi masyarakat,” ungkap wanita yang akrab disapa Ambu Anne.

Hal itu dilakukan, kata dia, agar roda ekonomi warga kembali berputar setelah terhenti beberapa saat akibat pandemi Covid-19.

“Seperti yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) misalnya. Dinas tersebut, di penghujung 2020 kemarin mendorong sedikitnya 340 pelaku industri kecil masyarakat (IKM) yang tergabung dalam 17 kelompok di wilayah untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Yakni, dengan cara mengasah keterampilannya, termasuk diberi bantuan peralatan untuk menunjang usaha mereka,” tutur Ambu Anne.

Baca Juga:  Ketua KNPI Purwakarta Ajak Pemuda Jadi Agent of Change

Acara Expo, Seminar dan Workshop UMKM Kabupaten Purwakarta itu dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hadir juga Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda sebagai keynote speaker. Selain itu nampak hadir juga Dewan Penasehat DPC Hipmikindo Kabupaten Purwakarta, Bachir Muchlis, Deputi Bidang Digital dan Produk Kreatif pada Kemenparekraf, Neil El Hilman, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji dan Ketua Hipmikindo Jawa Barat, Aida Gurning. (Gin)