Kerusakan Ini Yang Biasanya Terjadi Ketika Mobil Kalian Terendam Banjir

JABARNEWS | BANDUNG – Banjir saat ini memang sedang banyak terjadi di beberapa tempat bahkan sampai merendam sebagian jalan raya sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalur tersebut.

Tentunya, hal ini membuat pengendara kesulitan untuk mencari jalan lain yang tidak terendam banjir. Akan tetapi tidak jarang juga sebagian orang menerobos jalan tersebut karena sedang buru-buru.

Akan tetapi apakah kalian tahu ini? Ketika mobil kita terendam banjir biasanya mobil kita akan terkena masalah bahkan bisa menyebabkan mobil tersebut mogok. Oleh sebab itu Dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum masalah mobil ketika terkena banjir. Diantaranya:

Baca Juga:  Menkopolhukam Mahfud MD Sebut Pemilu 2024 Agenda Konstitusional yang Tidak Bisa Ditunda

Pertama. Kerusakan Sistem Kelistrikan – Beberapa komponen elektronik dan kelistrikan yang terancam rusak karena terendam banjir antara lain ECU, lampu-lampu, sistem AC, power windors, power lock, power seat, sistem audio, sekring, hingga sistem ABS.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/jEeYDWmX1U0″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Kedua. Interior Timbul Jamur – Jika mobil terendam banjir, pada interior bisa tumbuh jamur. Bau apek yang kuat berarti ada jamur di dalam mobil. Setelah terendam banjir, pemilik kendaraan sebaiknya memeriksa dan membersihkan bagian-bagian seperti jok, karpet, panel pintu, hingga bagasi.

Baca Juga:  Alumni AKABRI 1989 Salurkan Bantuan Sembako Di Purwakarta

Ketiga. Kerusakan di Bagian Mesin – Mesin juga menjadi bagian penting lain dari mobil yang membutuhkan perhatian penuh setelah banjir. Ketika air banjir masuk bagian-bagian mesin seperti asupan udara dan silinder, piston akan mencoba untuk mengompresnya. Karena air tidak memampat, itu dapat mematahkan batang piston dan menyebabkan mesin mati total.

Baca Juga:  DPD RI Ajak Rakyat Indonesia Tunda Pilkada 2020, Ini Alasannya

Keempat. Timbul Karat – Mobil yang terendam banjir juga berpotensi timbul karat di beberapa bagian. Setelah banjir dan jika terdeteksi adanya karat, segera hilangkan karat dari kendaraan sebelum menyebar.

Kelima. Cairan yang Terkontaminasi Air – Banjir bisa menyebabkan beberapa cairan di mobil terkontaminasi dengan air. Seperti cairan transmisi, cairan rem, power steering hingga radiator. Disarankan, setelah terendam banjir sebaiknya cek bagian-bagian yang terdapat cairannya.(MA)