PLN dan TNI Amankan Listrik Terdampak Banjir di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto siap mendukung dan mengapresiasi kesigapan PLN dalam mengamankan pasokan listrik dengan mengutamakan keselamatan masyarakat yang terdampak banjir di Jawa Barat.

“Kami siap membantu PLN dalam bencana ini, karena ini masalah kita bersama, masyarakat setempat pun bisa kita libatkan, agar semakin cepat pemulihannya dan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat,” kata Nugroho saat memantau langsung kondisi Gardu Induk Tegal Herang, di Karawang, Senin (22/2/2021).

Baca Juga:  Sebelum ke Pusat Perbelanjaan Kota Bogor, Baca Ini Dulu Ya

Nugroho menambahkan, pihaknya akan berkolaborasi dengan PLN dalam memulihkan kondisi Gardu Induk Tegal Herang, Karawang. Dengan menerjunkan sebanyak 40 personel di bawah kendali operasi Komandan Kodim Karawang yang terdiri dari 16 personel dari Arhanud III Bandung, sebanyak 18 Personel dari Yon Zipur III dan sebanyak 5 Personel dari Denzipur Karawang.

Selain personel, Kodam III/Siliwangi juga menerjunkan perahu karet bermotor dan pompa. Sampai dengan pukul 14.00 WIB Senin (22/2/2021), terdapat 2.143 unit gardu distribusi yang terdampak banjir.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/0GYunnEl-I8″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Sementara sebanyak 1.915 gardu distribusi dan 477.315 pelanggan telah dinyalakan kembali oleh PLN setelah dipastikan aman dan tidak berpotensi mengancam keselamatan warga.

Baca Juga:  Pemkab Cianjur Apresiasi YPI Aisyiyah Bantu Turunkan Angka Stunting

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) Agung Nugraha menyampaikan, sebanyak 3.779 personilnya terus memantau situasi yang terdampak maupun berpotensi banjir.

“PLN juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti yang saat ini dilakukan dengan Komando Daerah Militer III/Siliwangi, di tengah bencana yang dihadapi Jawa Barat saat ini kita perlu saling bersinergi untuk memulihkan kondisi masyarakat,” ucap Agung Nugraha.

Baca Juga:  Soal Harga Tiket Timnas Indonesia VS Argentina, Erick Thohir Bandingkan dengan Ini

PLN juga terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter.

Guna mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile. (Red)