Waspada, Sendal Japit Sebabkan Kanker Kulit

JABARNEWS | BANDUNG – Tak sedikit orang yang gemar memakai sandal jepit karena ringan dan juga nyaman digunakan sehari-hari. Terlebih lagi saat ini sandal jepit memiliki ragam motif dan material yang tidak hanya nyaman, namun juga modis. Tetapi, tahukah anda di balik kenyamanan tersebut ternyata tersimpan bahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan anda?

Ahli Bedah Podiatric, Anthony Kontos menyarankan para perempuan untuk lebih disiplin terhadap penggunaan tabir surya dan menghindari model sepatu terbuka. Sedangkan Kontos dari London Foot and Ankle Clinic mengatakan adanya ciri-ciri umum pada indikasi kanker kulit seperti adanya tahi lalat atau memar yang seringkali diabaikan. Kontos menyatakan bahwa bagian atas kaki sangat rentan terhadap dampak buruk sinar matahari karena pada area tersebut memiliki kulit yang sangat tipis.

“Orang pada umumnya sadar akan memeriksa bagian tubuh mereka yang lain karena adanya pertumbuhan tahi lalat yang mencurigakan tetapi mereka tidak mungkin memeriksa kaki mereka,”

Kanker kulit yang menyerang pada bagian kaki disebut sebagai “acral melanoma” dapat menyerang dimulai dari bagian telapak kaki, atas kaki, dan di antara jari kaki bahkan bagian bawah kuku. Tanda-tanda adanya melanosma ganas (bentuk kanker kulit yang paling mematikan) adalah termasuk perubahan pada tahi lalat seperti rasa gatal hingga pendarahan. Riset menemukan bahwa hanya separuh dari pasien acral melanoma yang dapat bertahan seperti yang dilansir dari Telegraph.co.uk.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tekankan Pentingnya Data dalam Tangani Pandemi Covid-19

Yayasan Kulit Inggris pun mengatakan bahwa orang sering mengabaikan mengoleskan lotion tabir surya pada bagian kaki yang ternyata sangat bermanfaat. Profesor John Hawk, Juru Bicara Yayasan Kulit Inggris, mengatakan bahwa adanya sifat horizontal dari dampak buruk sinar UV. Bagian atas kaki akan langsung terpapar sinar matahari sedangkan kaki bagian dalam juga tidak dapat menghindari sinar radiasi UV secara penuh.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Lepas 110 Milenial untuk Jadi Patriot di 50 Desa

Nah, itulah tadi di balik kenyamanan sebuah sendal japit yang ternyata dapat mempengaruhi kesehatan anda. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Baca Juga:  Risih Dengan Sofa Bau Apek? Segera, Hilangkan Dengan Cara Ini

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat