Bersilaturahmi Dengan Iwak Kasturi, Uu Janji Bangun Perekonomian Desa

 

JABARNEWS | BANDUNG – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melakukan silaturahmi dengan warga asal Kuningan yang ada di wilayah Jabodetabek, Sabtu (10/2/2018). Dalam kesempatan tersebut Uu berjanji akan mendahulukan kepentingan masyarakat ketimbang dirinya.

Calon wakil gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang berpasangan dengan Ridwan Kamil ini merasa bersyukur bisa bersilaturahmi dengan warga yang tergabung dalam Ikatan Warga Asal Kuningan atau IWAK Kasturi.

Selain karena bisa bertemu dengan saudara sesama daerah, Uu mengaku bisa lebih mengetahui aspirasi masyarakat khususnya wirausahawan yang merantau. Tak hanya itu, dia pun merasa sangat bangga terhadap warga Jawa Barat yang merantau.

“Ini menunjukkan warga Jawa Barat memiliki keberanian yang tinggi, tidak takut meski di luar daerah. Ini juga mengartikan warga Jawa Barat siap dan bisa bekerja sama dengan siapa pun,” katanya.

Baca Juga:  Istri Uu Blusukan Ke Pasar, Ajak Pedagang Gunakan Hak Pilih

Diungkapkannya, ia berjanji akan mendahulukan kepentingan masyarakat jika terpilih sebagai pemimpin Jawa Barat. Oleh karena itu, dia akan mengusung program-program yang promasyarakat seperti bantuan modal usaha.

Selain itu, Uu pun bertekad untuk meratakan pembangunan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa. Dia memastikan akan mengadopsi program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) di seluruh Jawa Barat.

Program pemerintahan Uu di Kabupaten Tasikmalaya ini berhasil dijalankan di wilayah selatan tersebut.

“Kami ingin pembangunan ini adil dan merata di seluruh Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya, program ini akan mengutamakan bantuan keuangan untuk setiap desa.

“Kalau terpilih, kami akan memperjuangkan agar setiap kabupaten/kota bisa mendapatkan bantuan keuangan Rp 200 miliar per tahun,” katanya.

Baca Juga:  Deddy Mizwar Jadi Kader Gerindra, Ini Kata Ridwan Kamil

Nantinya, alokasi anggaran tersebut bisa digunakan untuk berbagai kepentingan masyarakat di masing-masing daerah.

“Tapi kami minta yang utama dulu, yaitu untuk pembangunan karakter manusia dan prasarana keagamaan. Misalnya untuk pesantren, madrasah diniyah, kesejahteraan SDM-nya,” katanya.

Sementara ituWakil Ketua Umum Ikatan Warga Asal Kuningan (IWAK) Kasturi, Rendi Subrendi mengatakan, warga Kabupaten Kuningan banyak yang mencari peruntungan ke Jabodetabek khususnya Jakarta. Bermodalkan pendidikan, keterampilan, dan keberanian dari kampung halaman, puluhan bahkan ratusan ribu warga sudah merantau ke Ibu Kota.

“Yang sekarang sering komunikasi di IWAK Kasturi saja ada 2.000 warga se-Jabodetabek,” kata Rendi kepada wartawan.

Oleh karena itu, dia berharap gubernur/wakil gubernur Jawa Barat selanjutnya bisa lebih perhatian dengan memberi bantuan modal usaha.

Baca Juga:  Demiz Nikmati Kuliner Khas Cirebon Nan Maknyus

Keberpihakan dari pemerintah ini sangat diperlukan karena akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Terlebih, menurutnya hal ini mendukung program pemerintah dalam memperbanyak wirausahawan.

“Dan pastinya akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan,” katanya.

Lebih lanjut, sebagai warga Jawa Barat, dirinya tidak akan melupakan kampung halamannya yang berada di bagian utara itu.

Meski telah lama mengais rezeki di Ibu Kota, dia tetap merasa cinta bangga sebagai warga Jawa Barat. Oleh karena itu, dia pun berharap gubernur-wakil gubernur Jawa Barat selanjutnya memiliki kecintaan yang besar terhadap masyarakat.

“Saya akan memilih calon yang nyaah (sayang) ke warga,” ucapnya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat