Inilah Tips Perjalanan Liburan Agar Nyaman Saat Perjalanan

JABARNEWS | BANDUNG – Semuanya sudah paham betul bagaimana melelahkannya perjalanan saat mudik maupun liburan. Meskipun demikian jangan sampai dilewatkan mengenai menjaga keselamatan saat berkendara.

Keselamatan dan keamanan perjalanan jadi hal utama yang harus siapkan. Menempuh jarak jauh lintas kota tentu bukan hal yang mudah. Makanya, agar keamanan saat perjalanan terjaga, perlu menyiapkan hal-hal di bawah ini sebelum berangkat seperti berikut ini.

Kondisi Kendaraan

Ingatlah, kondisi kendaraan adalah faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan perjalanan beserta keluarga.

Harus memastikan seluruh komponen penting mobil berada dalam kondisi yang baik. Mulai dari mesin, rem, oli, ban, hingga fitur keselamatan seperti air bag. Selain itu, mesti menyiapkan kelengkapan tambahan seperti ban serep, dongkrak, tuas pembuka kunci roda, dan kabel jumper aki.

Baca Juga:  Waduh! Ternyata Ini Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Beban Muatan

Setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban berupa barang atau pun orang sesuai dengan kapasitas masing-masing. Jika terjadi kelebihan beban, tentu hal ini membahayakan keselamatan penumpang.

Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7—8 orang, sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang.

Uang Tunai yang Cukup

Sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan. Bisa membuat perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan.

Jangan anggap remeh pengeluaran kecil seperti biaya parkir atau biaya WC umum. Sisihkan juga dana darurat untuk digunakan misalnya ketika mengalami kelaparan di kala macet.



Fitur GPS Senantiasa Aktif


Perjalanan jauh bukan hal yang mudah. Mungkin tidak hafal jalan atau tertarik mencari jalur alternatif demi menghindari kemacetan parah. Sebaiknya, selalu mengaktifkan fitur GPS dan menggunakan Google Maps pada smartphone untuk mengantisipasi salah rute perjalanan.

Baca Juga:  Harap Dicatat! Masyarakat Yang Dapat Izin Perjalanan Harus Karantina Lima Hari

Persediaan Makanan & Minuman yang Memadai

Kemacetan bisa terjadi di mana saja, mulai dari jalanan panjang, jalanan kecil, hingga jalan tol. Apabila menemui kendala ini dalam keadaan lapar, tentu stres akan melanda pikiran. Bukan tidak mungkin, selanjutnya akan kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Adanya Hiburan Selama Perjalanan

Yap, tidak sedikit orang yang mengabaikan unsur hiburan. Padahal, kebosanan dapat memicu stres yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi berkendara. Segera siapkan barang-barang yang bisa menghibur, seperti kaset, CD, atau pun MP3 untuk disetel selama perjalanan.

Baca Juga:  Jelang Lebaran Pengusaha Hotel Di Pangandaran Rugi Dua Kali Lipat, Ini Penyebabnya

Kondisi Tubuh yang Baik

Ya, tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, badan juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan tubuh Anda berada dalam kondisi yang fit sebelum memulai perjalanan jauh.

Jika mengantuk di kala perjalanan, jangan ragu untuk menepi dan berhentilah di rest area atau pos yang disediakan oleh keopoliasian. Dianjurkan beristirahat setiap empat jam. Jangan berniat melawan kantuk dan tetap berkendara. Ingat, Anda dapat membahayakan diri sendiri, para penumpang, dan orang lain. (Red)