Warga Terdampak Corona Di Purwakarta Akan Dapat BLT Dana Desa

Besaran BLT Rp600 ribu per kepala keluarga dan akan dibagikan selama tiga bulan.

Kabid Pemerintahan Desa, DPMD Purwakarta, Hilman Nugraha. (Foto: Zal/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Warga di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19) dipastikan akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Bantuan tersebut akan diterima masyarakat yang telah terdata dengan besaran BLT Rp600 ribuper kepala keluarga dan akan dibagikan selama tiga bulan.

Baca Juga:

Keren, Robot Ini Imbau Masyarakat KBB Untuk Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Satgas Covid-19 Jabar: Ada Kesalahan Update Data Penambahan Kasus



Adapun dasar pemberian BLT Dana Desa tersebut, yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah melakukan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

"Inti dari perubahan dimaksud mengatur tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020 yang harus digunakan, pertama untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, kedua untuk Karya Tunai Desa (PKTD) dan ketiga untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa)," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo melalui Kabid Pemerintahan Desa, Hilman Nugraha, Jum'at (17/4/2020).

Hilman menjelaskan, presentase penggunaan dana desa yang akan digunakan untuk BLD di setiap desa pun berbeda. Untuk desa yang menerima Rp800 juta per tahun mengalokasi maksimal 25 persen dari total dana desanya. Kemudian desa penerima dana Rp800 Juta hingga Rp1,2 miliar mengalokasikan maksimal 30 persen, dan maksimal mengalokasi anggaran sebesar 35 persen bagi desa yang menerima dana diatas Rp1,2 miliar.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BLT Dana Desa Bantuan Langsung Tunai DPMD Purwakarta Terdampak Corona Virus Corona Kemendes PDTT Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi