OTT Bupati Kutai Timur, 15 Orang Diamankan KPK

JABARNEWS | JAKARTA – Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Kutai Timur Ismunandar dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada Kamis, 2 Juli 2020 malam.

Dalam operasi senyap ini, tim penindakan mengamankan 15 orang termasuk Bupati Kutai Timur Ismunandar.

“Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta, saat ini sudah berada di Gedung KPK sebanyak 7 orang dan masih dalam pemeriksaan tim KPK, diantaranya Bupati Kutim beserta istrinya. Sedangkan pihak-pihak yang diamankan di Kutim dan Samarinda sebanyak 8 orang,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dilansir dari laman Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga:  Berikut Nama-nama Pengurus AMSI Periode 2017-2020

Ali mengatakan, delapan orang lainnya yang diamankan di Kutai Timur dan Samarinda akan diterbangkan menuju markas antirasuah untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Baca Juga:  Kejagung Gandeng PPATK Usut Aliran Dana Korupsi BTS 4G

“Setelah dilakukan pemeriksaan di Polresta Samarinda akan segera dibawa ke Jakarta dan perkiraan tiba di Jakarta pada siang ini,” kata Ali.

Bupati Ismunandar ditangkap bersama istri dan seorang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di sebuah hotel di Jakarta. Tim penindakan juga mengamankan pihak lainnya di Kutai Timur dan Samarinda.

Bersama mereka, tim penindakan juga mengamankan sejumlah uang yang masih dalam proses penghitungan. Uang tersebut diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur.

Baca Juga:  Kemenlu Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban Banjir Bandang di New York

“Giat tertangkap tanganya para pelaku korupsi berupa menerima hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten di wilayah Kalimantan Timur,” kata Ketua KPK Komjen Firli Bahuri. (Red)